• Jumat, 9 Desember 2022

Jokowi Telepon Putin-Zelenskyy: Undang Ke G20 Bali, Cari Solusi Damai, Akhiri Perang Rusia-Ukraina

- Sabtu, 30 April 2022 | 01:27 WIB
Presiden Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden  Ukraina Volodymyr Zelenskyy.  (Kolase Tangkapan layar YouTube dan Reuters.)
Presiden Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Kolase Tangkapan layar YouTube dan Reuters.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan telah berkomunikasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk hadir dalam pertemuan G20 (Group of Twenty) di Bali, November mendatang guna mencari solusi damai sekaligus mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

Menurut Presiden Jokowi, terakhir (dalam) perbincangan per telepon dengan Presiden Putin, Kamis (28/4/2022), Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

"Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri. Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut," kata Jokowi dalam pernyataannya sebagai Presidensi G20, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Hari Ini, 30 April 2022, Wilayah Riau, NTT Dan Papua Barat Tidak Bisa Lagi Nikmati Siaran TV Analog

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," ungkap Presiden Jokowi dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, dalam perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina, Rabu (27/4/2023), Presiden Jokowi memperoleh update mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina. Dalam pembicaraan itu dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia.

"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia, melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain.

Baca Juga: Menparekraf Berharap Idul Fitri Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi

Namun, saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat di kedepankan," kata Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X