• Sabtu, 8 Oktober 2022

Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Kloter Pertama Ke Sri Lanka

- Jumat, 29 April 2022 | 17:51 WIB
 (Foto: Kemenlu)
(Foto: Kemenlu)

SUARAKARYA.ID: Kloter pertama bantuan kemanusiaan Indonesia berupa obat-obatan dan alat kesehatan diberangkatkan ke Sri Lanka, Kamis (28/04/2022) menggunakan penerbangan Sri Lankan Airlines. Bantuan tersebut terdiri dari 8 item obat sitostatika dan 6 item alat kesehatan dengan nilai Rp 4,5 miliar.

Sri Lanka adalah mitra penting bagi Indonesia dan bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban hidup rakyat Sri Lanka saat ini," kata Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam seremoni pelepasan bantuan di area kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022).

Pengiriman bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk mengirimkan bantuan sebanyak 11 item obat dan 8 item alat kesehatan dengan total berat 3,1 ton senilai Rp22,1 miliar kepada negara sahabat yang tengah dilanda krisis tersebut. Kloter kedua akan diberangkatkan pada tanggal 8 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Cek Posko Mudik Aman & Sehat #diIndonesiaAja Di Terminal Tirtonadi

Bantuan kemanusiaan diserahkan secara simbolis oleh Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa kepada Dubes Sri Lanka untuk Indonesia dan ASEAN, Yasoja Gunasekera. Dubes Gunasekera pun mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah menunjukkan perhatian besar terhadap rakyat Sri Lanka melalui pemberian bantuan kemanusiaan tersebut.

Pemberian bantuan kemanusiaan kali ini menjadi terasa lebih istimewa karena merupakan donasi dari sembilan perusahaan farmasi dan alat kesehatan Indonesia dalam skema corporate social responsibility.

Acara pelepasan bantuan kemanusiaan ini juga dihadiri, antara lain Deputy Head of WHO Country Office Indonesia Dr Arturo Pesigan, serta para pejabat Kemenkes, Kementerian Luar Negeri, Kedubes Sri Lanka di Jakarta, WHO Country Office Indonesia, dan insan pers Indonesia.

Baca Juga: Wapres Pastikan Candi Borobudur Siap Sambut Wisatawan Pada Libur Lebaran

Setibanya di Sri Lanka, bantuan kemanusiaan ini diserahterimakan secara simbolis oleh Dubes RI di Kolombo kepada Menteri Kesehatan Sri Lanka yang selanjutnya akan mendistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit pemerintah di Sri Lanka.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenlu RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X