• Senin, 27 Juni 2022

Presiden RI Dipercaya PBB Ikut Atasi Krisis Pangan, Energi Dan Keuangan Global

- Sabtu, 16 April 2022 | 09:03 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

SUARAKARYA.ID: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi, dipercaya sebagai salah satu pemimpin dunia yang menjadi anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG).

Penghormatan besar ini diumumkan langsung Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres di Markas Besar PBB di New York, Rabu (13/4/2022) waktu setempat.

Informasi dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Jumat (25/4/2022) menyebutkan, Champion Group dipimpin oleh Sekjen PBB Antonio Guterres, dan bertujuan untuk mendorong konsensus global serta melakukan advokasi solusi untuk mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan global.

Baca Juga: Sri Mulyani: INA Untuk APBN Sehat Dan Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan

Selain Presiden Jokowi, Sekjen PBB juga mempercayai 5 pemimpin dunia lainnya sebagai anggota Champion Group.

Mereka adalah Presiden Senegal Macky Sall, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Barbados Mia Amor Mottley, Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, dan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed.

Sebelumnya pada 14 Maret 2022, Sekjen PBB membentuk Global Crisis Response Group (GCRG) on Food, Energy, and Finance di Sekretariat PBB dan beranggota badan-badan/agensi PBB.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Sudah Membangun 1.900 Km Jalan Tol Sejak 2014

GCRG memiliki peran untuk melakukan koordinasi antar badan PBB, merumuskan aksi untuk atasi ketiga krisis tersebut, melakukan analisa data krisis, dan mendorong kerja sama untuk implementasi solusi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X