• Minggu, 26 Juni 2022

Bali Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

- Senin, 21 Maret 2022 | 11:50 WIB
Keindahan alam Bali menjadi daya tarik dunia untuk menggelar kegiatan. (Istimewa)
Keindahan alam Bali menjadi daya tarik dunia untuk menggelar kegiatan. (Istimewa)

 

 

SUARAKARYA.ID: Bali kembali terpilih menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf dunia. Setelah Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) yang kini sedang berlangsung di Nusa Dua, Bali kini terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar 2024.

Untuk menentukan tuan rumah, Bali bersaing dengan Roma, Italia. Pemilihan dilakukan dalam pertemuan Dewan Gubernur World Water Council (WWC) ke-9 di Dakar, Senegal pada 19 Maret 2022. Dalam pemilihan Bali mengalahkan Roma.

Sebagai ketentuan, untuk terpilih kandidat harus memperoleh dukungan minimal 19 dari 36 suara. Hebatnya, Bali dinyatakan terpilih setelah memperoleh 30 suara dalam pemilihan tersebut.

Baca Juga: Takut Disusupi Agenda Lain, PDIP Tarik Rencana Amandemen UUD 45 Tentang PPHN

Terpilihnya Bali merupakan bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran kepemimpinan dan komitmen Indonesia dalam isu pengelolaan air, kata Kemenlu RI dalam keterangan tertulisnya.

Akses terhadap air bersih dan sanitasi merupakan salah satu elemen penting dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Kemenlu RI menyampaikan bahwa Indonesia secara konsisten terus berupaya berkontribusi mendorong pencapaian SDGs Global, termasuk di bidang akses terhadap air bersih dan sanitasi.

WWF ke-10 akan mengangkat tema "Water for Shared Prosperity" yang sangat relevan dengan kondisi global saat ini, di saat ketersediaan air bersih masih menjadi tantangan bagi banyak negara.
Pemerintah Indonesia sendiri berkomitmen memperkuat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam mencapai target No.6 dari SDGs, yaitu terkait hak atas air bersih dan sanitasi.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Sumber: istimewa

Tags

Terkini

X