• Kamis, 30 Juni 2022

WNI Meminta Pemerintah Indonesia Pulangkan Mereka Dari Ukraina

- Selasa, 8 Maret 2022 | 19:49 WIB
Perang Masih Membara Di Ukraina (Istimewa)
Perang Masih Membara Di Ukraina (Istimewa)



SUARAKARYA.ID: Korban akibat invasi Rusia ke Ukraina mencapai 2.000 jiwa. Situasi gawat itu menyebabkan.

Sebelumnya, beredar video yang berisi kesembilan warga Binjai di Ukraina meminta bantuan pemerintah Indonesia. Agar segera dievakuasi, mengingat situasi semakin genting di negara Eropa Timur itu.

"Hari ini tepatnya tanggal 5 Maret 2022. Kami warga Indonesia yang berada di Chernihiv ada sembilan orang. Semuanya dari Binjai, Sumut memohon pada Pemerintah Indonesia agar segerakan evakuasi," kata salah satu warga Binjai yang terjebak di sana dalam video yang viral di media sosial, Senin (7/3/2022).

Kesembilan orang itu adalah    Iskandar, Muhammad Raga Prayuda, Amri Abas, Muhammad Aris Wahyudi, Zulham Ramadhan, Syafitra Sari Yoga, Agus Alfirian dan Dedi Irawan. Mereka berada di Ukraina sejak Tahun 2018 bekerja sebagai buruh pabrik plastik. Mereka berada di Ukraina sejak Tahun 2018 bekerja sebagai buruh pabrik plastik.

Pekan lalu, pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 83 WNI yang tinggal di Ukraina.

Evakuasi itu tergolong rumit, mereka harus melalui jalan darat ke Bucharest, Rumania baru bisa diberangkatkan ke Jakarta.

Kemlu dan KBRI terus memonitor kondisi para WNI itu. Pihak-pihak terkait juga terus mencari upaya untuk menciptakan keamanan bagi mereka dan berkoordinasi dengan pihak Ukraina.

"Kondisi mereka saat ini relatif aman termasuk ketercukupan logistik," kata Fazia," seperti dilansir dari CNN.

Meski demikian, Faiza tak memberi rincian kapan bisa mengevakuasi warga Binjai hingga memberangkatkan ke Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) buka suara soal sembilan warga Binjai, Sumatera Utara, yang masih terjebak di Chernihiv, Ukraina dan meminta segera dievakuasi.

Sejak awal Kemlu dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) sudah siapkan rencana kontingensi untuk semua WNI berkumpul di KBRI. Namun ke-9 WNI Chernihiv tidak bisa mencapai KBRI.***

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

X