• Senin, 27 Juni 2022

Menlu Dan Menhan Sambut Kepulangan 80 WNI 3 WNA Dari Ukraina, 14 WNI Masih Di Bucharest

- Jumat, 4 Maret 2022 | 17:27 WIB
Menlu Retno L Marsudi. (Kemenlu RI.)
Menlu Retno L Marsudi. (Kemenlu RI.)

SUARAKARYA.ID: Sebanyak 80 warga negara Indonesia (WNI) dan tiga warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada dalam rombongan WNI dari Ukrania yang tiba dengan selamat di Tanah Air sekitar pukul 17.10 WIB, Kamis (3/3/2022) dengan pesawat Garuda Indonesia.

Demikian Menlu Retno Lestari Marsudi ketika menerima kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari wilayah perang Ukraina di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3/2022) bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI Muhammad Herindra mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

"Terdapat 14 evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest untuk sementara waktu dan belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan ini," kata Menlu Retno dalam keterangannya, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Menko PMK: Pascabencana, Anak-anak Korban Gempa Di Sumbar Harus Dipastikan Tetap Mengenyam Pendidikan

Menurut Menlu, dari test yang dilakukan, ke-12 orang evacuee 
tersebut diketahui positif Covid-19. Sementara 2 orang lainnya, memilih tinggal di Bucharest, untuk menemani anak mereka yang positif Covid-19.

Hingga kini ke-14 orang tersebut akan terus dipantau dan didampingi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial.

Menlu Retno dan Wamenhan Herindra. (Kemenhan.)

Tempuh Perjalanan 17 Jam

Menurut Menlu Retno, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (1/3/2022) pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, Rabu (2/3/2022) pukul 15.10 waktu setempat.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X