• Jumat, 9 Desember 2022

Ditelepon PM Hunsen, Jokowi Tegaskan 5 Butir Konsensus ASEAN Soal Myanmar

- Senin, 24 Januari 2022 | 15:08 WIB
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube.)

 

JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa implementasi Lima (5) Butir Konsensus ASEAN (Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara) penting untuk menyelesaikan krisis Myanmar.

Penegasan Presiden RI ini disampaikan dalam perbincangan via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja, Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen, Jumat (21/1/2022). Diumumkan lewat keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Sabtu (22/1/2022), dikutip Suarakarya.id, Minggu (23/1/2022).

Presiden Jokowi menerima telepon Perdana Menteri (PM) Kerajaan Kamboja Hun Sen, Jumat, 21 Januari 2022 atas permintaan Pemerintah Kamboja yang juga memegang keketuaan ASEAN 2022. Disebutkan pembicaraan telepon akan digunakan oleh PM Hun Sen untuk menyampaikan informasi mengenai hasil kunjungan ke Myanmar.

Lebih jauh Presiden Jokowi menegaskan bahwa pendekatan ASEAN terhadap Myanmar harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang telah disepakati bersama, utamanya Lima Poin Konsensus.

Presiden Jokowi menyayangkan sikap militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk melaksanakan Lima Poin Konsensus pada kesempatan kunjungan Perdana Menteri Hun Sen.

"Implementasi Lima Poin Konsensus tidak dapat dikaitkan dengan Lima Poin Roadmap yang diusung otoritas militer (State Administration Council) Myanmar," ungkap Presiden.

Menurut Presiden, militer Myanmar harus memberikan akses terhadap Utusan Khusus Ketua ASEAN untuk dapat melakukan komunikasi segera dengan semua pihak di Myanmar. Komunikasi ini sangat penting untuk membuka jalan bagi sebuah dialog nasional yang inklusif.

"Selama tidak ada kemajuan signifikan pelaksanaan Five Points 98 PBB ban Concensus, maka keputusan bahwa Myanmar hanya diwakili oleh non-political representative di pertemuan-pertemuan ASEAN, penting untuk dipertahankan," katanya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X