• Kamis, 26 Mei 2022

7 Tewas Ketika Militer Tembakan Peluru Tajam Dan Granat Kejut Untuk Tumpas Pengunjuk Rasa

- Selasa, 18 Januari 2022 | 00:33 WIB
Para pengunjuk rasa meningkatkan aksinya menentang kudeta militer di Sudan (al zajeera)
Para pengunjuk rasa meningkatkan aksinya menentang kudeta militer di Sudan (al zajeera)

KHARTOUM: Petugas medis mengatakan, tujuh orang tewas dalam penumpasan militer terhadap unjuk rasa yang menentang kudeta militer di Sudan.

Para demonstran akan tetap meningkatkan aksi protes anti-militer di ibu kota Sudan, Khartoum, setelah pasukan keamanan menggunakan tembakan dan gas air mata pada Senin untuk membubarkan unjuk rasa.

Pasukan keamanan menembakkan tembakan gas air mata saat mereka memblokir ribuan pengunjuk rasa untuk maju ke istana kepresidenan Khartoum, dan beberapa warga sipil yang terluka terlihat berdarah di jalan, kata seorang saksi mata Reuters.

Mereka juga menembakkan peluru tajam dan granat kejut, kata Komite Sentral Dokter Sudan, sekelompok petugas medis yang bersekutu dengan gerakan protes, yang melaporkan tujuh kematian.

Petugas medis mengatakan kepada Reuters bahwa banyak lainnya dirawat karena cedera di rumah sakit Khartoum.

"Militer menyiapkan pembantaian untuk kami hari ini, dan semua yang kami lakukan adalah meminta pemerintahan sipil dan demokrasi," kata Mohamed Babaker, seorang mahasiswa berusia 19 tahun.

Seorang juru bicara polisi mengatakan sebuah pernyataan akan dirilis kemudian. Sumber-sumber pemerintah menyebutkan jumlah korban tewas sejak Senin sebanyak tiga orang.

Kerumunan besar secara teratur turun ke jalan menuntut kembalinya pemerintahan sipil sejak kudeta militer pada 25 Oktober mengakhiri pengaturan pembagian kekuasaan yang disepakati setelah otokrat Islam Omar al-Bashir jatuh selama pemberontakan rakyat pada 2019.

Petugas medis mengatakan sedikitnya 70 orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan sejak kudeta. 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Artikel Terkait

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X