• Jumat, 27 Mei 2022

Menlu Retno: Tahun 2022, Diplomasi Mendukung Kesuksesan Presidensi Indonesia Di G-20

- Kamis, 6 Januari 2022 | 16:59 WIB

JAKARTA: Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan, kerja diplomasi Indonesia pada tahun 2022 akan digunakan untuk mendukung kesuksesan presidensi Indonesia di G-20. Inclusiveness merupakan ruh presidensi Indonesia.

“Presidensi Indonesia di G20 telah mulai berjalan sejak 1Desember 2021 sampai 30 November 2022. Indonesia ingin bahwa G20 dapat menjadi katalis pemulihan global dan kerja sama konkrit yang bermanfaat bagi negara berkembang,” kata Menlu Retno secara virtual  dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) tahun 2022, Kamis (6/1/2022).

Untuk itulah, Presidensi Indonesia di G-20 difokuskan pada memperkuat arsitektur kesehatan global; transisi energi; dan transformasi digital. Presidensi Indonesia akan dijalankan dengan transparansi yang tinggi sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

“Sebagaimana disampaikan Presiden Widodo, Indonesia akan menyambut dengan hangat semua delegasi G20 di lebih 150 pertemuan,” ujar Retno.

Indonesia akan menggunakan keketuaannya di G20 untuk memberikan kontribusi lebih dalam upaya dunia mempersempit gap antara negara maju dan negara berkembang dalam pemulihan kesehatan dan ekonomi.

Selain itu komitmen terhadap isu lingkungan dan perubahan iklim akan terus diperkuat dengan terus memperhatikan pemenuhan target SDGs. Dengan demikian tidak ada satupun pihak atau negara yang tertinggal. No One Left Behind.

Dalam bagian lain Menlu Retno untuk pelaksanan diplomasi di kawasan/dunia mulai dengan

Afghanistan. Menjelang tutup tahun 2021, Menlu telah menghadiri Sidang Luar Biasa Menlu OKI mengenai situasi kemanusiaan di Afghanistan.

Indonesia termasuk inisiator pelaksanaan pertemuan tersebut mengingat situasi kemanusian Afghanistan yang semakin memburuk. Posisi Indonesia selalu konsisten, ingin melihat Afghanistan damai, stabil dan sejahtera.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X