• Selasa, 25 Januari 2022

Apresiasi Selangit Sekjen PBB Atas Peran Indonesia Di Kancah Global, Mengapa? 

- Kamis, 6 Januari 2022 | 15:05 WIB
Arrmanatha Nasir dan Antonio Gutteres. (Kemenlu)
Arrmanatha Nasir dan Antonio Gutteres. (Kemenlu)

NEW YORK: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menganggap Indonesia sebagai salah satu mitra pentingnya. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres pun memberikan apresiasi tinggi atas peran aktif dan kepemimpinan Indonesia dalam memperkuat multilateralisme. 

“Indonesia adalah mitra penting PBB dan PBB akan tingkatkan terus kerja sama dan memberikan perhatian kepada Indonesia,” ungkap Sekjen Antonio Guterres ketika menerima surat kepercayaan Duta Besar Arrmanatha Nasir sebagai Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB di Markas Besar PBB, New York, Selasa (04/01/2022) waktu setempat, dirilis di laman resmi Kemenlu, Rabu (05/01/2021).

?Sekjen PBB menyampaikan harapannya agar Indonesia dapat berkontribusi lebih besar lagi dalam menghadapi berbagai tantangan global dan kawasan. Beberapa isu yang mendapat perhatian dalam pertemuan-pertemuan seperti perubahan iklim, pemulihan ekonomi pasca pandemi, dan situasi di kawasan. 

Apalagi, sebagai Presiden G20, Sekjen PBB berharap pula, Indonesia dapat berkontribusi dalam upaya membangun sistem keuangan global yang lebih seimbang bagi negara berkembang.

Komitmen Transisi Energi

Lebih jauh Antonio Guterres menyampaikan penghargaan atas komitmen dan langkah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim termasuk upaya untuk melakukan transisi energi. 

Menanggapi hal itu, Dubes Arrmanatha menekankan komitmen tinggi Indonesia dalam melakukan transisi energi. Termasuk, berbagai langkah lainnya dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

"Keberhasilan Indonesia untuk atasi kebakaran hutan dan langkah efektif dalam sustainable forest management merupakan contoh kontribusi konkret dalam mitigasi perubahan iklim,” ujar Dubes Arrmanatha. 

Dalam pertemuannya dengan Sekjen PBB, Dubes Arrmanatha juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menngkatkan kerjasama dengan PBB dalam berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

26 Penggiat Pelindungan WNI Raih Penghargaan HWPA 2021

Sabtu, 18 Desember 2021 | 21:35 WIB
X