• Jumat, 27 Mei 2022

Solo Jadi Tuan Rumah Working Group Pra-TIIWG G-20, Dorong PEN dari Daerah

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 23:57 WIB

SOLO: Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Eko Cahyanto mengatakan Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah working group pertama menjelang pertemuan Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G-20. Kegiatan tersebut digelar pada 29-30 Maret 2022.

"Kota Solo kita pilih lantaran menjadi simpul Soloraya yang memiliki banyak industri berkembang pesat dan maju," ujar Dirjen Eko Cahyanto seusai audiensi dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Rabu (29/12/2021).

Selain itu, Kemenperin telah mendirikan Akademi Komunitas (AK) Tekstil di dekat Solo Technopark (STP) untuk menyokong program akselerasi industri.

“TIIWG G-20 mengangkat soal akselerasi industri 4.0 dan sustainable industrial development (perkembangan industri berkelanjutan). Industri-industri di Solo dan sekitarnya sudah menyesuaikan diri dengan standar keberlanjutan global. Ada pula yang sudah menerapkan green office (kantor hijau) lewat penggunaan panel surya,” kata Eko.

Dirjen Eko mengharapkan TIIWG G-20 dapat menjadi kunci mendorong pemulihan ekonomi dari daerah. Dalam working group tersebut akan dipamerkan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah asli Solo.

Para tamu bakal menerima souvenir khas Solo yang harapannya mendorong peningkatan pendapatan sektor itu.

“Kami ingin agar delegasi dari 39 entity di 20 negara anggota G20 ditambah 6 negara undangan dan 10 organisasi internasional itu bisa tahu betul seperti apa Kota Solo yang pernah dipimpin Pak Jokowi yang sekarang jadi Presiden kita, hingga dua periode dan apa yang bisa dilihat di Solo setelah Mas Gibran juga dipercaya memimpin Solo,” ucap Eko.

Ia juga menyebut terpilihnya Solo menjadi tuan rumah karena letaknya yang strategis. Sejumlah fasilitas yang ada di antaranya, bandara internasional, jalan tol Trans Jawa, dan sarana penginapan yang memadai cukup membantu kesuksesan dan kelancaran pertemuan itu.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, merespon positif dan menyambut baik rencana tersebut. Gibran menyebut sudah ada satu hotel yang disiapkan sebagai venue working group.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X