• Jumat, 27 Mei 2022

Mantab! Dunia Akui Status Risiko Penularan Covid-19 Indonesia Di Level Rendah

- Jumat, 10 Desember 2021 | 23:52 WIB
 Markas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di  Atlanta, Georgia, USA (Ist)
Markas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Georgia, USA (Ist)

GEORGIA, USA: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menetapkan status risiko penularan Covid-19 di Indonesia berada di level 1 atau rendah.

Prestasi Indonesia bertengger bersama 29 negara lainnya, seperti Bangladesh, Bhutan, dan Chad yang telah berhasil melakukan penetrasi di kategori level rendah seiring turunnya risiko penyebaran virus corona yang telah mengepung Indonesia selama 2 tahun ini.

Keberhasilan Indonesia dalam menurunkan angka penularan virus corona tersebut tidak terlepas dari upaya keras Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin untuk melakukan vaksinasi secara masif serta meminta masyarakat dan terus mewanti-wanti untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5M dengan memakai masker secara benar, mencuci tangan dengan sabun atau air mengalir atau penggunaan handsanitizer secara berkala, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Disamping itu upaya 3T atau tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan Corona juga masih terus dilakukan pemerintah.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Kamis (9/12/2021) ada tambahan 220 kasus baru yang terinfeksi Corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 4.258.560 kasus positif Corona. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 296 orang sehingga menjadi sebanyak 4.109.364 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 9 orang menjadi sebanyak 143.918 orang. Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai 5.278 kasus, turun 85 kasus aktif dibanding sehari sebelumnya.

Menurut CDC, terdapat 15 negara dengan tingkat penularan dengan level 2 atau moderat, diantaranya Argentina, Bahrain, Kamerun, serta Ethopia. Kemudian, CDC menempatkan 56 negara dengan tingkat penularan level 3 (tinggi), antara lain, Vietnam, Korea Selatan dan Spanyol.

CDC juga merilis 56 negara yang memiliki tingkat penularan level 4 (sangat tinggi), antara lain, Malaysia, Belanda, Jerman, serta Austriam

Sementara itu, terdapat 40 negara yang tidak diketahui statusnya. Untuk kondisi ini, CDC menyarankan negara-negara, seperti Aljazair, Yaman, Afghanistan, Kamboja berada di level 4 (sangat tinggi).

CDC menggunakan Travel Health Notices (THN) untuk memperingatkan wisatawan dan audiens lainnya tentang ancaman penularan Covid-19 di seluruh dunia. Salah satu kriteria utama baik buruknya sebuah negara sebagai destinasi dengan melihat tingkat insiden kumulatif Covid-19 selama 28 hari terakhir per 100 ribu penduduk.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X