• Minggu, 26 Juni 2022

Dubes Rosan Dukung Penuh Pendataan By Name By Address WNI

- Minggu, 5 Desember 2021 | 09:11 WIB

WASHINGTON: Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengaku senang dan bahagia bisa bertatap muka dan bertatap-muka dengan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Kesempatan berharga ini berlangsung ketika Dirjen Zudan memenuhi undangan Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri untuk memberikan Sosialisasi Publik Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pemutakhiran data WNI dan diseminasi informasi layanan penerbitan Nomor Induk Tunggal (NIT) di KBRI Washington DC secara virtual dan faktual, Jumat (3/12/2021) waktu setempat, atau Sabtu (4/12/2021) pukul 06.00 pagi WIB.

Hadir pada momentum itu, Dubes RI di Washington DC Rosan Roeslani dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu Andy Rachmianto dan diikuti sekitar 40 orang WNI, serta 61 partisipant aktif online lewat zoom meeting.

Dirjen Zudan menjelaskan, tujuan besar Ditjen Dukcapil Kemendagri adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dan optimal kepada seluruh WNI di mana mereka pun berada.

Zudan menyampaikan, sejak 2018 Kemendagri dan Kemenlu berkolaborasi turun ke berbagai negara untuk mendata semua WNI.

"Bahkan Presiden Jokowi yang me-launching portal PeduliWNI di Seoul, Korea Selatan, dan sekaligus launching layanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online dari manapun," ungkap Dirjen Zudan.

Pendataan secara akurat by name by address di luar negeri adalah syarat mutlak bagi perlindungan WNI yang efektif. Hal ini bisa berlangsung berkat Portal PeduliWNI yang dibangun Kemenlu. Portal PeduliWNI yang dibangun Kemenlu dimaksudkan sebagai one stop service pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri.

"PeduliWNI merupakan sebuah aplikasi layanan kependudukan dan pencatatan sipil dengan basis data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kemendagri," jelas Zudan.

Selain itu, pendataan WNI juga bertujuan untuk penyusunan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) untuk tahun 2022.

"Ini tugas negara yang memerlukan dukungan para WNI semuanya agar bisa sukses," tandas Dirjen Zudan.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

X