• Senin, 27 Juni 2022

Kompak & Sinergi Tim Kemendagri-Kemenlu Data WNI Di 3 Negara Bagian AS

- Selasa, 30 November 2021 | 00:54 WIB
Tim Asistensi Dukcapil Kemendagri terjunkan ke tiga Perwakilan Rl di Amerika Serikat, yaitu KJRI Los Angeles, KJRI Houston, KJRI San Francisco, serta Brussels dan Deen Haag bersama-sama dengan Kemenlu dan Bappenas (Ist)
Tim Asistensi Dukcapil Kemendagri terjunkan ke tiga Perwakilan Rl di Amerika Serikat, yaitu KJRI Los Angeles, KJRI Houston, KJRI San Francisco, serta Brussels dan Deen Haag bersama-sama dengan Kemenlu dan Bappenas (Ist)

JAKARTA: Pemerintah wajib melayani warga negara Indonesia (WNI) dimana pun berada. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri melalui Ditjen Dukcapil yang bertugas mencatatkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting bertekad memenuhi identitas semua WNI, termasuk yang berada di luar negeri.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No 40 Tahun 2019 tentang Administrasi Kependudukan menjadi dasar pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di 130 perwakilan RI di luar negeri pada tahun 2021.

"Pelayanan tersebut kongruen dengan pelayanan Adminduk di Kantor Dinas Dukcapil dalam negeri. Dan upaya ini merupakan sinergi yang sangat luar biasa dan kolaborasi amat penting antara Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil dan Kementerian Luar Negeri," kata Mendagri Tito.

Mendagri Tito pun berharap pelayanan Adminduk ini bisa terwujud sehingga ruang pelayanan Adminduk bisa meliputi di 514 kabupaten/kota dan 130 perwakilan RI di luar negeri.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, seluruh pelayanan bagi WNI di luar negeri, termasuk pelayanan catatan sipil, dapat diakses melalui Portal Peduli WNI.

"Portal Peduli WNI yang dibangun Kemenlu dimaksudkan sebagai one stop service pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri. Dalam hal pelayanan Dukcapil, kita tidak membuat sistem baru. Ini adalah sistem Dukcapil Kemendagri. Portal Peduli WNI hanyalah pintu masuk bagi WNI yang menetap di luar negeri," jelas Menlu Retno.

Dukungan Mendagri Tito Karnavian dan Menlu Retno Marsudi makin menguatkan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh.

"Portal Peduli WNI, adalah hasil integrasi sistem dan data yang dilakukan Kemendagri dan Kemenlu selama 3 tahun terakhir ini. Untuk WNI di luar negeri yang akan memanfaatkan berbagai jenis pelayanan dapat dilakukan dengan mengakses Portal Peduli WNI (www.peduliwni.kemlu.go.id) secara online," kata Dirjen Zudan di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Jenis-jenis pelayanan yang bisa diperoleh melalui portal antara lain penerbitan Nomor Identitas Tunggal (NIT) atau NIK yang diterbitkan di luar negeri, perekaman KTP-el, akte kelahiran, akte nikah, akte kematian, akte perceraian, surat-surat keterangan, legalisasi-legalisasi dokumen, pengaduan kasus dan lapor diri online.?

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

X