• Selasa, 28 Juni 2022

WNI Bisa Masuk Singapura Tanpa Karantina Mulai 29 November 2021

- Selasa, 16 November 2021 | 20:03 WIB
Retno Marsudi. (Dok Kemlu)
Retno Marsudi. (Dok Kemlu)

JAKARTA: Indonesia dan Singapura sepakat melanjutkan pembahasan tentang penguatan kerjasama bilateral, khususnya mengenai pengaturan vaccinated travel lane (VTL), pengaturan perjalanan yang aman kedua negara. 

Hal ini terungkap setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura, Selasa (16/11/2021), seperti dirilis di  laman resmi Kemenlu RI.

"Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia serta semakin tingginya tingkat vaksinasi," kata Menlu RI usai pertemuan.

Dalam pertemuan bilateral (resiprokal) ini, kedua Menlu membahas detail pelaksanaan VTL unilateral yang diberikan oleh Singapura kepada pelaku perjalanan dari Indonesia berdasarkan point to point, yaitu dari Jakarta ke Singapura.

Menlu Retno juga menyampaikan informasi dari Menlu Singapura bahwa guna terus menjaga kesehatan, maka pemberlakuan VTL unilateral Singapura akan menggunakan flight tertentu (assigned flight). VTL unilateral Singapura ini akan mulai berlaku 29 November 2021.

Jokowi - Lie Hsien Loong

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu juga membahas rencana penyelenggaraan Leaders’ Retreat antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. Kedua Menlu sepakat untuk mempersiapkan hasil pertemuan yang konkrit dan bermanfaat bagi kedua negara.

Kedua pihak juga akan terus membahas pembuatan bubble yang aman, terutama untuk destinasi Bintan (dari Singapura) dengan menggunakan Ferry.

Menteri Transportasi Singapura dalam pernyataannya mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura merupakan tetangga dekat yang memiliki hubungan baik di bidang ekonomi dan people-to-people.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

X