• Kamis, 30 Juni 2022

Airlangga: Pengembangan Ekonomi Hijau & Berkelanjutan Jadi Komitmen Biden-Jokowi

- Kamis, 4 November 2021 | 23:13 WIB
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Ist)
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Ist)

JAKARTA: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Indonesia dan Amerika Serikat (AS) akan terus meningkatkan kerja sama dalam pengembangan ekonomi hijau dan berkelanjutan. Peningkatan kerja sama ini salah satunya ditandai dengan pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela pertemuan COP26 di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia.

“Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi antar kedua negara terutama terkait pengembangan ekonomi hijau,” jelas Menko Airlangga di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Airlangga mengatakan hal tersebut sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan berhasil menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan dan tingkat kebakaran hutan. Pertemuan bilateral antara Biden dan Jokowi juga membahas sejumlah isu terkait geopolitik Indo Pacific dan Keketuaan Indonesia di G20 yang akan digelar pada tahun depan.

Menko Airlangga menyebut Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan keketuaan G20 untuk menghasilkan sejumlah kerja sama konkret agar mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui transformasi digital yang inklusif bagi pertumbuhan dan pembangunan.

“Presiden Biden juga telah menyatakan dukungannya atas Presidensi G20 Indonesia,” tegas menteri senior Kabinet Jokowi ini.

Airlangga menuturkan hubungan bilateral kedua negara ini sangat strategis karena Uncle Sam telah membantu Indonesia dalam penanganan Covid-19 dengan mengirimkan vaksin, ventilator, dan obat-obatan therapeutic.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo, ungkap mantan Menteri Perindustrian ini, berkeinginan menempatkan Indonesia menjadi bagian dari rantai pasok global di bidang kesehatan melalui pembangunan industri kesehatan nasional.

Di sela pertemuan COP26, Airlangga yang juga Ketua Umum partai senior dan berpengaruh: Partai Golkar ini berturut-turut melakukan pertemuan dengan Bill Gates yang didampingi President Bill & Melinda Gates Foundation untuk membahas sejumlah potensi kerja sama strategis.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

X