• Kamis, 30 Juni 2022

Dalam Situasi Sulit, Indonesia Berbagi Beban Dengan Rakyat India

- Rabu, 12 Mei 2021 | 23:05 WIB
Menlu Retno. (YouTube Sekretariat Presiden)
Menlu Retno. (YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA: Pemerintah Republik Indonesia memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan kepada India dengan menggunakan pesawat Garuda, Rabu (12/05/2021) pukul 14.00 WIB. Bantuan kemanusiaan yang dikirimkan tersebut berupa 200 unit oxygen concentrator.

“Atas arahan Presiden RI (Joko Widodo - Jokowi) pada siang hari ini pukul 14.00 WIB, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam acara Pelepasan Bantuan Hibah Pemerintah RI kepada India untuk Penanganan Pandemi Covid-19, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Serah terima bantuan secara simbolis dilakukan Menlu Retno Marsudi kepada Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dengan disaksikan Wakil Menteri Kesehatan (Menkes) RI dr Dante Saksono Harbuwono. Rangkaian acara pemberian bantuan kemanusiaan itu sendiri disiarkan secara live di YouTube Sekretariat Presiden (Setpres) dan Sekretariat Kabinet (Setkab).

Dengan bantuan kemanusiaan ini, Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa negara mana pun tidak dapat berjuang sendiri melawan pandemi. “Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19,” ujar Menlu Retno.

Sebelumnya pada tanggal 10 Mei, pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India. Menlu menjelaskan, oksigen adalah salah satu kebutuhan mendesak dalam penanganan pandemi saat ini di negara tersebut.

Mitra Strategis

Dalam keterangan persnya, Menlu mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan India telah terjalin sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru sampai sekarang.

“Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan  Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (Narendra) Modi,” katanya.

Menurut Menlu, sejak awal pandemi, Indonesia dan India memang sudah bekerjasama melawan Covid-19.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

X