• Sabtu, 25 Juni 2022

Empati Untuk India, Kemenperin Gandeng Asosiasi Industri Kirim 3.500 Tabung Oksigen

- Senin, 10 Mei 2021 | 23:35 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mewakili Pemerintah Indonesia membantu India dengan mengirimkan 3.500 tabung oksigen dengan menggandeng asosiasi industri nasional  (Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mewakili Pemerintah Indonesia membantu India dengan mengirimkan 3.500 tabung oksigen dengan menggandeng asosiasi industri nasional (Ist)

JAKARTA: Dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda India mengetuk empati Indonesia untuk ikut membantu meringankan beban salah satu negara sahabatnya di Asia Tengah ini.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian menggandeng asosiasi dan pelaku industri untuk turut membantu India dalam memenuhi kebutuhan tabung oksigen guna perawatan pasien Covid-19.

“Saat ini India mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19 yang dampaknya lebih parah dibanding pandemi gelombang pertama,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) pada acara Pelepasan Bantuan Tabung Oksigen ke India yang dilaksanakan di PT. Samator Gas, Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Senin (10/5/2021).

Menperin AGK mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, setiap hari jumlah penduduk India yang terinfeksi Covid-19 mencapai sekitar 400.000 orang, dengan tingkat kematian per hari sebanyak 3.900 orang.

“Salah satu yang sedang dibutuhkan oleh India adalah gas oksigen untuk perawatan pasien Covid-19,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kemenperin bersama asosiasi dan pelaku industri menginisasi pengiriman bantuan berupa tabung oksigen ke India sebanyak 1.400 unit pada tahap pertama dari total 3.500 unit yang akan dikirim. Pada tahap pertama ini, bantuan berasal dari inisiatif industri gas oksigen serta industri petrokimia dan industri tekstil yang berasal dari India.

Sedangkan untuk tahap selanjutnya, pembiayaan bantuan tersebut dari APBN.

“Tahap pertama ini sebanyak 1.400 tabung oksigen dengan kapasitas 6 meter kubik (setara 40 liter) yang akan dikirim dalam lima kontainer,” jelas Menperin.

Adapun rincian daftar partisipasi industri dalam pengiriman bantuan tahap pertama adalah sebagai berikut: Asosiasi Gas Industri Indonesia: Koordinasi pengadaan tabung dan isi Oksigen untuk 3.500 tabung; PT Samator: Koordinasi pengadaan tabung dan isi Oksigen untuk 3.500 tabung; PT Indorama Ventures Indonesia: Pembiayaan 280 tabung dan pengiriman 1 kontainer; PT Indo-Rama Synthetics, Tbk.: Pembiayaan 280 tabung dan pengiriman 1 kontainer; PT Asia Pacific Fibers, Tbk.: Pembiayaan 280 tabung dan pengiriman 1 kontainer; PT Indo Bharat Rayon (Aditya Birla Group) dan PT Mutu Gading Tekstil: Pembiayaan 280 tabung dan pengiriman 1 kontainer; dan Pembiayaan 280 tabung dan pengiriman 1 kontainer oleh Asosiasi Industri Karpet dan Sajadah.

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

X