Tim Koneksitas Sita Aset Dua Terdakwa Korupsi Dana TWPAD di Enam Provinsi

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:19 WIB
tim Koneksitas sita aset yang diduga terkait kasus dugaan korupsi dana TWP AD
tim Koneksitas sita aset yang diduga terkait kasus dugaan korupsi dana TWP AD



 

SUARAKARYA.ID: Kejaksaan RI berusaha keras menyelamatkan kerugian negara dalam setiap kasus dugaan korupsi. Hal itu pula dilakukan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi dana Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat (TWPAD) tahun 2013 s/d 2020.

Sampai saat ini telah berhasil diselamatkan sejumlah aset berupa tanah dan bangunan sebagai bagian dari barang bukti perkara yang merugikan negara lebih Rp 133 miliar tersebut.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Dr Ketut Sumedana menyebutkan sekitar 180 aset tanah dan bangunan berhasil disita Tim Koneksitas terdiri Jaksa, Oditur dan Penyidik Puspomad (Pusat Polisi Militer TNI AD) terkait kasus TWP AD. Aset tersebut tersebar di sejumlah wilayah.

“Ada di Palembang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan DKI Jakarta,” kata Ketut Sumedana, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Kejaksaan Agung Sita Aset Tersangka Terkait Korupsi dan TPPU Impor Baja

Tim sebelumnya telah melaksanakan penyitaan dan pengamanan aset barang bukti berupa tanah dan bangunan berlokasi di Jalan Gresik No 4 RT 10 RW 03, Kelurahan Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang bersertifikat an KGS MMS.

Penyitaan dan pengamanan aset yang berada di wilayah teritorial Kodam II/Sriwijaya mendapatkan izin penyitaan dari pengadilan serta pemblokiran oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebelumnya, juga sudah dilakukan pengamanan aset berupa tanah di lokasi wilayah Nagrek Jawa Barat dan daerah lainnya.

Jampidmil Kejaksaan Agung Laksamana Muda TNI AL Anwar Saadi menegaskan bahwa penyitaan dilakukan berdasarkan Pasal 39 KUHAP ayat 1, yakni yang dapat dikenakan penyitaan adalah: Benda atau tagihan tersangka atau terdakwa yang seluruh atau sebagian diduga diperoleh dari tindak pidana atau sebagian dari tindak pidana.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Advokat Adukan Majelis Hakim PTUN Serang ke MA dan KY

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:51 WIB
X