Menhub Budi Karya Sumadi: Tingkatkan Integritas dan Perkuat Budaya Perilaku Antikorupsi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:08 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi instruksikan jajaran tingkatkan perilaku dan budaya antikorupsi
Menhub Budi Karya Sumadi instruksikan jajaran tingkatkan perilaku dan budaya antikorupsi

 

 

 

SUARAKARYA.ID: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan jajarannya memanfaatkan momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia  (Hakordia) Tahun 2022  untuk meningkatkan integritas dan memperkuat budaya perilaku anti korupsi di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Saya mengajak seluruh pegawai Kemenhub untuk menerapkan prinsip 4 No’s yang telah kita tetapkan sebagai gerakan moral menuju budaya antikorupsi,” ujar Menhub dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia 2022)  tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi” diselenggarakan Inspektorat Jenderal Kemenhub di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Gerakan 4 No’s yaitu: Pertama, No Gift yaitu tidak boleh menerima hadiah ataupun gratifikasi dalam bentuk apapun. Kedua. No Bribery yaitu tidak boleh menyuap atau menerima suap. Ketiga, No Kickback yaitu tidak boleh menerima atau mengharapkan imbal balik atas kebijakan atau keputusannya. Sedangkan keempat, No Luxury Hospitality yaitu tidak boleh menjamu atau menerima jamuan yang berlebihan.

Baca Juga: Boyamin Saiman Sesalkan Tersangka Korupsi Hadir Bersama Ketua KPK Hadiri Acara Hakordia

Budi Karya Sumadi meminta pendidikan dan sosialisasi kegiatan antikorupsi dapat dilakukan secara konsisten mulai di tingkat pusat sampai ke unit pelaksana teknis di daerah. “Saya juga minta pendidikan antikorupsi dilakukan hingga ke sekolah-sekolah transportasi di bawah pengelolaan Badan Pengembangan SDM Perhubungan, sebagai upaya menanamkan kesadaran perilaku antikorupsi sejak dini,” tuturnya.

Kemenhub terus berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan publik dengan terus membangun zona integritas menuju penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Kolaborasi dengan berbagai pihak terus dilakukan untuk melakukan pencegahan praktik korupsi di lingkungan Kemenhub.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X