Asep Iriawan; Lucu, Tak Ada Bukti Asusila Kok Pemeriksaannya Diminta Tertutup

- Rabu, 7 Desember 2022 | 16:42 WIB
istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi
istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi

SUARAKARYA.ID: Pakar hukum pidana Asep Iriawan menyebutkan tidak alasan dan dasar untuk menyelenggarakan pemberian keterangan saksi mahkota Putri Candrawathi secara tertutup sebagaimana disampaikan penasihat hukum Arman Hanis.

"Harus ditolak permintaan atau usulan sidang pemeriksaan saksi tertutup itu. Lagi pula tidak ada buktinya kok, dan sudah distop polisi pengusutan susilanya, ngapain mau dibuat repot," ujar Asep Iriawan, Rabu (7/12/2022).

Kecuali, kata mantan hakim karier itu, majelis hakimnya mau dengar gosip-gosip panas yang begitu itu. "Lebih baik sepenuhnya berpedoman ke berita acara pidana saja. Fokus ke pemeriksaan dan pembuktian pasal 340 KUHP yang didakwakan jaksa saja," kata Asep Iriawan menyarankan.

Terdakwa Putri Candrawathi lewat Arman Hanis mengusulkan kliennya diperiksa dalam sidang tertutup terkait kematian Nofriansyah Yoshua Hutabarat Brigadir J, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Ditunggu, Kesaksian Konsisten Eliezer di Hadapan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Arman Hanis menyebutkan alasan pihaknya mengajukan usulan tersebut karena perkara a quo bersinggungan dengan dugaan kekerasan seksual.

"Pada tanggal 27 Oktober 2022 kami mengajukan permohonan kepada Yang Mulia majelis hakim dan kami tindak lanjuti tanggal 6 Desember terkait permohonan agar pemeriksaan Ibu Putri sebagai saksi maupun terdakwa dapat dilakukan secara tertutup Yang Mulia,  karena menyangkut tindakan kekerasan seksual," ujar Arman.

Ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso menolak permohonan tersebut karena perkara yang sedang diadili adalah dugaan pembunuhan berencana bukan kekerasan seksual.

"Mengenai tertutup kami tidak bisa mengabulkan karena terdakwa didakwa oleh JPU dengan tindak pidana pembunuhan berencana dan bukan asusila," ujar hakim.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Advokat Adukan Majelis Hakim PTUN Serang ke MA dan KY

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:51 WIB
X