• Minggu, 5 Februari 2023

KPK: Dana Penanggulangan Bencana Janganlah Dikorupsi apalagi Sampai Berjamaah

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:35 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi
Komisi Pemberantasan Korupsi

 

SUARAKARYA.ID: Menghindari hal-hal yang sangat memalukan terjadi (korupsi) terkait dalam penanggulangan bencana alam, KPK mengingatkan agar pejabat pemerintah jangan sampai menyalahgunakan dana bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

KPK menyebut kendati itu untuk kemanusiaan tetap saja dana bantuan bencana alam rawan disalahgunakan  atau dikorupsi oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Terbukti, dalam penanggulangan bencana sebelumnya terjadi penyelewenangan. Tidak saja bencana local, nasional bahkan dunia (Covid-19) pun disalahgunakan anggarannya.

"Pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi seseorang menyalahgunakan kewenangannya," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya H Harefa, Rabu (30/11/2022).

Dia meminta pemerintah daerah mengelola pemberian bantuan untuk korban gempa Cianjur secara baik dan transparan. KPK tak mau mendengar donasi dimanfaatkan untuk memperkaya segelintir orang. "Karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," tutur Cahya, berharap tak ada tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana bencana Cianjur.

Baca Juga: Tim Penyidik Kejaksaan Agung Jebloskan ke Dalam Tahanan Dua Tersangka Korupsi Daging Sapi

Sebagai wujud solidaritas dan gotong-royong kepada para korban bencana gempa Cianjur, Korpri KPK menyerahkan donasi kepada para korban. Donasi diserahkan langsung kepada Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Sekretaris Daerah Cecep S Alamsyah di Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11/2022).

Donasi diberikan dalam bentuk uang tunai maupun barang, seperti makanan dan minuman, pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, peralatan ibadah, perlengkapan mandi, tikar, selimut, hingga tenda.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov NTB Sesalkan Aksi Anarkis Pembakaran Hotel

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:10 WIB
X