• Selasa, 31 Januari 2023

KPK Bakal Tindak Lanjuti Pengaduan Herawan Utoro Terkait Terpidana Tak Kunjung Dieksekusi

- Jumat, 25 November 2022 | 16:30 WIB
advokat Herawan Utoro saat mengadu di KPK
advokat Herawan Utoro saat mengadu di KPK

 

 

SUARAKARYA.ID: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pengaduan penasihat hukum PT SBS, advokat Herawan Utoro SH yang melaporkan jaksa eksekutor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pontianak dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat (Kalbar) yang tak kunjung mengeksekusi tiga terpidana korupsi.

Laporan penasihat  hukum PT SBS kemudian diterima Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK. Herawan Utoro minta KPK mengusut ada apa di balik tidak dieksekusinya terpidana Jasindo. Selain mensupervisi Kejari Pontianak/Kejati Kalbar, Herawan minta berkas PK tiga terpidana dikembalikan ke PN Pontianak karena tidak sesuai prosedur.

Sugeng dari bagian Dumas KPK, kata Herawan,  merespon pengaduannya. "Kami diterima dengan baik dan laporan direspon. Pak Sugeng mengatakan akan segera menindaklanjutinya ke pihak berkompeten berikutnya di lembaga antirasuah," tutur Herawan Utoro, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Terpidana Korupsi di PT Jasindo Kok Dibiarkan Bebas Melenggang

Selain ke KPK,  surat pengaduan serupa juga disampaikan  ke Komisi Yudisial (KY),  Menkopolhukam, Mahkamah Agung (MA) dan Jaksa Agung.

Jaksa Agung ST Burhanudin dalam pengaduan tersebut diminta menindak jaksa di Kejaksaan Negeri Pontianak dan Kejati Kalbar karena tidak kunjung mengeksekusi tiga terdakwa korupsi Rp4,7 miliar PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Herawan Utoro SH menyampaikan surat pengaduan itu sendiri ke Kejaksaan Agung  RI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Herawan yang datang dari Kalimantan menyampaikan pengaduannya secara langsung kepada Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Rabu (23/11/2022).

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Advokat Adukan Majelis Hakim PTUN Serang ke MA dan KY

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:51 WIB
X