• Selasa, 6 Desember 2022

3 Tersangka, Bareskrim Bongkar Sindikat Penjualan Tiket Formula E Melalui Website Palsu

- Rabu, 23 November 2022 | 17:35 WIB
Bareskrim Polri melakukan konferensi pers terkait pengungkapan sindikat penjualan tiket Formula E melalui website palsu . (Sadono )
Bareskrim Polri melakukan konferensi pers terkait pengungkapan sindikat penjualan tiket Formula E melalui website palsu . (Sadono )

 

SUARAKARYA.ID: Penjualan tiket pada event balap Formula E ternyata bermasalah. Polisi mengungkap adanya sindikat penjualan tiket melalui website palsu mengatasnamakan Formula E di Ancol bulan Juni 2022 lalu.

Tim dari Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap pelaku pembuat website palsu penjualan tiket Formula E di Ancol, Jakarta dan perubahan tarif transfer Bank BRI.

Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol mengungkapkan, penangkapan dilakukan berdasarkan laporan Ketua Pelaksana Formula E 2022 Ahmad Sahroni yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR pada 25 Mei 2022 selaku. Merujuk laporan tersebut penyidik berhasil menangkap satu dari tiga pelaku.

"Tersangka terdiri dari tiga orang pria berumur sekitar 25 tahun. Satu orang dengan inisial FI berhasil ditangkap, sedangkan dua orang lainnya masih dalam pencarian," kata Reinhard di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Sindikat Malaysia Kembali Digulung, Polisi Sita 270,28 Kg Sabu atau Setara Selamatkan Ribuan Orang

FI ditangkap di Sidenreng Rapang, Sulawesi Selatan, pada 26 September 2022. Dia adalah pembuat dan pengelola website. Sementara H membantu membuat situs web dan N melakukan komunikasi dengan para korban atau menjadi marketing penjualan tiket palsu.

"Tersangka telah membuat ratusan website phising yang digunakan untuk melakukan penipuan dan pencurian data nasabah perbankan," ujar Reinhard.

Baca Juga: Komplotan Penjahat Bunuh Sopir Go Car, Jasad Korban Ditemukan Kali Marunda BKT

Dalam melancarkan aksi kejahatan, para pelaku di antaranya menggunakan website palsu penjualan tiket Formula E dan perubahan tarif transfer BRI diantaranya:

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X