Andi Samsan Nganro dan Supandi Tangkis Tudingan Desmond J Mahesa Bahwa MA Sarang Korupsi

- Selasa, 15 November 2022 | 17:07 WIB
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

 

SUARAKARYA.ID: Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Dr Andi Samsan Nganro SH MH menyatakan semua pihak, termasuk DPR RI memiliki tanggung jawab membangun dan membenahi sistem peradilan di MA. Dia mengingatkan DPR juga berperan memilih hakim agung.

Sedangkan purnabakti hakim agung/Ketua Muda Mahkamah Agung Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, Prof Supandi terus terang mengatakan merasa terusik bahkan tersinggung dengan pernyataan Desmond J Mahesa (Wakil Ketua Komisi 3 DPR RI) baru-baru ini. Dia menilai sebagai pernyataan tersebut tidak objektif dan emosional belaka, dan mengabaikan sikap kenegarawanan yang arif dan bijak dalam mengatasi permasalahan bangsa.

Pendapat Andi Samsan Nganro dan Supandi ini dilontarkan menanggapi pernyataan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Mahesa, yang menyebut lembaga tersebut (MA) sebagai sarang koruptor. Mereka menilai tudingan itu berlebihan dan melampaui batas.

Andi Samsan Nganro yang juga Wakil Ketua MA bidang Yudisial  menyebut kritik Desmond justru bisa membuat kepercayaan publik kepada lembaga peradilan merosot. Selain itu, kritik tersebut juga mengurangi kepercayaan investor di luar negeri.

Baca Juga: Pemerintah Mestinya Patuhi dan Tidak Abaikan Putusan MA dengan Tunda Proses ASO

“Pernyataan MA Sarang Kuruptor, jelas itu merupakan kritik yang berlebihan dan sudah melampaui batas kritikan yang konstruktif,” kata Andi, Senin (14/11/2022).

Mantan Ketua PN Jakarta Selatan itu mengakui saat ini di lembaganya terdapat permasalahan yang sedang ditangani KPK. Dia meminta semua pihak menunggu proses hukum yang sedang berjalan di KPK terkait ada atau tidaknya hakim agung selain yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Advokat Adukan Majelis Hakim PTUN Serang ke MA dan KY

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:51 WIB
X