• Selasa, 7 Februari 2023

Pimpinan-pimpinan Lembaga Peradilan Mendesak Untuk Dievaluasi

- Senin, 14 November 2022 | 18:22 WIB
Mahkamah Agung
Mahkamah Agung

 

SUARAKARYA.ID: Mantan hakim agung, politisi dan akademisi, Gayus Lumbuun berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelamatkan lembaga peradilan Indonesia. Caranya dengan mengevaluasi pimpinan lembaga-lembaga peradilan di Indonesia.

Gayus melihat sudah kronis kondisi peradilan Indonesia saat ini. Hal itu bisa dilihat dari kasus dugaan korupsi di Mahkamah Agung (MA) yang telah menetapkan dua hakim agung dan sejumlah pegawai sebagai tersangka penerima suap terkait penanganan perkara.

“Semua pimpinan lembaga peradilan mulai tingkat pertama sampai MA perlu dievaluasi,” demikian Gayus, Minggu (13/11/2022).

“Sudah banyak hakim ditangkap, itu artinya demikian gawat dunia peradilan," ujar Gayus. “Kalau Presiden tidak campurtangan sampai kapankah ini dibiarkan terus? Pencari keadilan semakin terjerat dengan transaksional di pengadilan,” katanya menambahkan.

Dua hakim MA ditetapkan penyidik KPK terkait praktik suap di MA. Selain itu, KPK melakukan tangkap tangan pula terhadap hakim yustisial MA, Elly Tri Pangestu, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di MA, pengacara, dan pihak Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

Baca Juga: Penyidik KPK Masih Terus Intensifkan dan Dalami Kasus Suap Hakim Agung Sudrajat Dimyati

Mereka diduga melakukan suap terkait pengurusan perkara kasasi Intidana di MA. Tidak kurang dari 11 orang tersangka dalam perkara ini. Mereka adalah hakim agung Sudrajad Dimyati, Gazalba Saleh, panitera pengganti MA Elly Tri Pangesti, PNS kepaniteraan MA Desy Yustria dan Muhajir Habibie, serta PNS MA Albasri dan Nuryanto Akmal. Mereka ditetapkan sebagai penerima suap.

Sementara itu, tersangka pemberi suapnya adalah Yosep Parera dan Eko Suparno selaku advokat, serta Heryanto dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto selaku Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID).

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembakaran Hotel di Lotim, Pengusaha Rugi 10 Miliar

Senin, 6 Februari 2023 | 17:51 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di Sawah

Senin, 6 Februari 2023 | 17:45 WIB

Pemprov NTB Sesalkan Aksi Anarkis Pembakaran Hotel

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:10 WIB
X