• Rabu, 30 November 2022

Dirut PT LIB  Tersangka Kasus Tragedi Kemanusiaan Stadion Kanjuruhan

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 10:09 WIB
Dirut PT LIB Ditetapkan Tersangka Kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Diumumkan Langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  (Istimewa)
Dirut PT LIB Ditetapkan Tersangka Kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Diumumkan Langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Istimewa)


SUARAKARYA.ID: Direktur Utama PT  LIB Akhmad Hadian Lukita, Kamis (6/10/2022) ditetapkan sebagai tersangka kasus tragedi kemanusian yang menewaskan 125 orang  di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur Sabtu (1/10/2022) lalu.

Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita tersangka diumumkan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penetapan tersangka itu sudah melalui pertimbangan matang berdasarkan investigasi kasus di lapangan.

Baca Juga: Tembok Bangunan MTs 19 Jaksel Roboh, 3 Anak Tewas - Berikut Profil Sekolah

"Berdasarkan gelar dan alat bukti permulaan yang cukup, maka ditetapkan saat ini 6 tersangka," kata Kapolri dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Pengumuman tersangka itu menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. Yang sebelumnya memerintahkan tragedi Kanjuruhan. Agar diusut tuntas. Jokowi meminta tak ada yang ditutup-tutupi terkait tragedi Kanjuruhan.

"Kenapa dibentuk tim pencari fakta independen? Karena ingin kita usut tuntas, tidak ada yang ditutup-tutupi," kata Jokowi di RSUD Saiful Anwar, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Disomasi Supporter Aremania Terkait Korban Tragedi Kanjuruhan Malang

Arahan tegas juga disampaikan Jokowi agar para pelaku yang terlibat di Tragedi Kanjuruhan diberi sanksi. Dia ingin para pelaku diproses pidana.

"Yang bersalah diberi sanksi. Kalau masuk ke pidana juga sama, dipidanakan," ujar Jokowi.

Polri Usut Tragedi Kanjuruhan
Sementara itu, Polri terus memeriksa sejumlah polisi.

Data per hari kemarin, ada anggota Polri yang diperiksa berjumlah 31.

Baca Juga: Lirik Lagu Masjid Jami - Kalimantan Barat

"Saat ini dari Irwasum maupun Propam sudah melakukan pemeriksaan terhadap 31 anggota Polri. Dari 31 anggota Polri tersebut belum selesai, dilanjutkan juga pemeriksaan pada malam hari ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mapolresta Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022).

Pemeriksaan terus dilakukan secara mendalam. Pemeriksaan dilakukan untuk memenuhi unsur kehati-hatian.

"Karena sesuai arahan Bapak Kapolri, ada beberapa hal yang harus betul-betul didalami. Kenapa demikian? Karena unsur ketelitian, kehati-hatian, dan kecermatan yang dilakukan tim ini harus betul-betul menjadi standar," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Indung-Indung - Asal Kalimantan Timur

Kerja keras Polri hingga menetapkan tersangka dalam kasus tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan Malang mendapat pujian banyak pihak.

Semoga tuntas kasus ini agar menjadi pelajaran ke depan. Khusus bagi penyelenggara dan penanggungjawab pertandingan  sepak bola, demikian Panus warga Sorong Papua Barat.***

Sumber: Istimewa

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRI Terlibat Ungkap Kejahatan Perbankan

Selasa, 29 November 2022 | 07:09 WIB

Gadis 15 Tahun Disekap Duda Biadab Selama 3 Bulan

Senin, 28 November 2022 | 13:25 WIB
X