• Rabu, 7 Desember 2022

ICW Mendesak KPK agar Keluarkan Ultimatum Terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe

- Selasa, 27 September 2022 | 10:34 WIB
tersangka Lukas Enembe
tersangka Lukas Enembe

 

SUARAKARYA.ID: Lukas Enembe menguji konsistensi dan ketegasan KPK dalam penanganan kasus dugaan korupsi yang dilakukan Gubernur Papua. Dua kali dipanggil untuk diperiksa,  Lukas Enembe melalui penasihat hukumnya lagi-lagi menyatakan kliennya tengah menderita sakit.

Mengetahui Lukas Enembe tidak hadiri pemanggilan pemeriksaan KPK, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun mendorong KPK agar bersikap tegas dalam penegakan hukum terkait dugaan korupsi.

Tidak hanya Jokowi,  Indonesia Corruption Watch (ICW) juga mendesak KPK segera mengirimkan ultimatum penjemputan paksa ke Gubernur Papua Lukas Enembe.

"ICW mendesak KPK agar segera memberikan pesan ultimatum terkait penjemputan paksa kepada Gubernur Papua Lukas Enembe," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Selasa (27/9/2022).

Kurnia juga mendesak KPK melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam rangka turut mengecek kesehatan Lukas membuktikan klaim yang menyebutkan kondisi kesehatan Lukas tengah menurun.

Baca Juga: Kasus Lukas Enembe Harus Tetap Jalan Sesuai Ketentuan Hukum Berlaku

"Apabila pendapat IDI berbeda dengan tim kesehatan saudara Lukas, maka tidak ada pilihan lain, proses hukum terhadap Gubernur Papua itu demi hukum harus dilanjutkan," tutur Kurnia.

ICW pun menyoroti sikap KPK yang sempat membuka peluang bakal menghentikan penyidikan terhadap Lukas jika tidak ditemukan unsur pidana. Hal itu menurutnya tak pernah dilakukan KPK di kasus lain.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kantongi Sabu, Petani Sumbawa Diringkus

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:56 WIB
X