• Sabtu, 1 Oktober 2022

KPK Segera Bawa Kasus Korupsi Bupati Mimika Eltinus Omaleng ke Pengadilan Tipikor

- Minggu, 18 September 2022 | 17:01 WIB

SUARAKARYA.ID: Penyidik KPK memastikan telah memiliki bukti valid, akurat dan kuat untuk memproses hukum Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

“Penyidikan kasus itu dilakukan karena adanya bukti permulaan yang kuat sebagaimana ketentuan hukum yang berlaku,” kata Jubir KPK, Ali Fikri, Sabtu (17/9/2022).

Dia menyatakan kasus dugaan korupsi terkait pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika yang menyeret Eltinus murni penegakan hukum dan berdasarkan adanya aduan masyarakat ke KPK.

“Penyelidikan kemudian penyidikan dilakukan secara profesional. Setiap prosedur hukum yang dilakukan KPK dalam penanganan kasus ini telah diuji pula di praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Selanjutnya tentu saja kami segera membawanya ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi,” tutur Ali.

Kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua disebut merugikan keuangan negara sebesar Rp21,6 miliar. Bupati Mimika Eltinus Omaleng (EO) pun diduga menikmati uang senilai Rp4,4 miliar.

Baca Juga: KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Diajukan Bupati Mimika, Papua, Eltinus Omaleng

Selain Eltinus, Bupati Mimika periode 2014-2019 dan 2019-2024, dua orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka. Mereka masing-masing Marthen Sawy (MS) selaku Kepala Bagian Kesra Setda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); dan Teguh Anggara (TA) selaku Direktur PT Waringin Megah (WM).

Kasusnya berawal 2013 silam, Eltinus yang berprofesi sebagai kontraktor sekaligus Komisaris PT Nemang Kawi Jaya (NKJ) berkeinginan membangun Gereja Kingmi di Kabupaten Mimika dengan nilai Rp 126 miliar. Eltinus kemudian terpilih sebagai bupati pada 2014. Dia pun mengeluarkan kebijakan, salah satunya untuk menganggarkan dana hibah pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 ke Yayasan Waartsing.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika sebagaimana perintah Bupati Eltinus memasukkan anggaran hibah dan pembangunan Gereja tersebut sebesar Rp 65 miliar ke anggaran daerah Pemkab Mimika tahun 2014.

Eltinus yang juga masih menjadi Komisaris PT NKJ kemudian membangun dan menyiapkan alat produksi beton yang berada tepat di depan lokasi akan dibangunnya Gereja Kingmi Mile 32 tersebut.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri : 3 Kapolda Tidak Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 18:18 WIB

Kuasa Hukum Lianawati Surati MARI, Ini Alasannya

Kamis, 29 September 2022 | 17:07 WIB

Waspada - Akun Wartawan Jadi Sasaran Hacker Bjorka

Kamis, 29 September 2022 | 07:14 WIB
X