• Kamis, 8 Desember 2022

Pakar Hukum Pidana Usul Dijeratkan Pasal TPPU Terhadap Ferdy Sambo dan Istri

- Minggu, 18 September 2022 | 21:55 WIB
pakar hukum pencucian uang Yenti Ganarsih
pakar hukum pencucian uang Yenti Ganarsih

 

SUARAKARYA.ID: Pakar hukum pidana (korupsi dan TPPU) Yenti Ganarsih mengusulkan agar dijeratkan juga pasal Undang-undang money laundering atau Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap Ferdy Sambo dan istrinya Putri Chandrawathi.

Hal itu dimaksudkan menjawab tudingan digunakan rekening para ajudan diduga untuk menampung uang, yang belum diketahui secara pasti asal-usulnya.

“Pengenaan TPPU dapat membuktikan asal-usul uang. TPPU sekaligus juga bisa mengungkap soal dugaan pencucian uang melalui aktivitas perjudian secara online, dimana konsorsium 303 (pasal 303 KUHP mengatur soal perjudian) disebut melibatkan Ferdy Sambo,” kata Yenti Ganarsih di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Tidak itu saja, adanya transfer uang sebesar Rp200 juta dari rekening Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J setelah yang bersangkutan wafat diharapkan bakal dapat dibongkar.

"Di rekening Yosua katanya ada transaksi Rp200 juta dan ada empat rekening, Itu semua bentuk begitu ya, transaksi, pemasukan, menggunakan nama orang untuk transaksi, tipe-tipe begitulah money laundry, ada rekening penampungnya," kata Yenti.

Baca Juga: Jampidum Kejaksaan Agung Terima SPDP Kasus Dugaan Penggelapan dan TPPU di ACT

Ahli hukum wanita itu mengatakan, modus pencucian uang kerap sama, yaitu membuat rekening-rekening penampung. “Mereka merekrut yang mempunyai rekening-rekening, biasanya ya itu tadi, apa cleaning service-nya atau pegawai-pegawainya," tuturnya.

Menurut Yenti, temuan dugaan tindak pidana pencucian uang bisa memperberat hukuman pidana Ferdy Sambo selain kasus pembunuhan dan obstruction of justice yang sebelumnya telah menyeretnya jadi tersangka. “Penyidik tak boleh terpaku dengan kasus pembunuhan. Adanya temuan dugaan TPPU bisa memperberat hukuman Ferdy Sambo," kata Yenti.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delik Perzinahan di KUHP Baru Dituding Tidak Jelas

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:37 WIB
X