Pengacara Penggugat Berharap Agar Setiap Pihak Berperkara Hargai Lembaga Peradilan

- Jumat, 16 September 2022 | 15:22 WIB
seorang wanita yang bukan pihak mendebat majelis hakim saat sidang pemeriksaan setempat
seorang wanita yang bukan pihak mendebat majelis hakim saat sidang pemeriksaan setempat

 

 

 

SUARAKARYA.ID: Penasihat hukum penggugat Yuskamnur, Ir Andi Darti SH MH, meminta setiap pihak berperkara menghargai peradilan. Terlebih  rekan advokat diminta lebih mengedepankan proses hukum bagaimana adanya daripada mengerahkan sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu persidangan.

“Kalau bukan kita sesama penegak hukum yang menghargai peradilan siapa lagi. Mari sama-sama kita tegakan hukum yang berkeadilan dan berkebenaran sesuai dengan prosedur yang hukum berlaku,” demikian Andi Darti, di Jakarta,  Jum'at (16/9/2022).

Dia menyatakan  kekecewaannya atas situasi dalam persidangan pemeriksaan setempat (PS) akibat ulah orang-orang yang diduga suruhan salah satu pihak.  Orang-orang suruhan itu tanpa alasan berteriak-teriak saat sidang di lokasi dengan mengatakan: “Jangan pernah ada intervensi terhadap pengacara” .

“Ini benar-benar dagelan yang lucu, ada ratusan pasang mata menyaksikan bahwa tidak ada pihak yang melakukan intervensi terhadap  mereka. Kalaupun ada  hanyalah tindakan berupa gerakan badan/gestur tubuh anggota Polisi dari Polsek Pademangan yang mencoba mengamankan jalannya persidangan yakni mencegah seorang wanita bernama Rosmini  yang  berteriak-teriak saat  Ketua Majelis Hakim  membuka persidangan,” ungkap Andi.

Rosmini yang bukan pihak justru meminta majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tidak membuat kegaduhan di tanah milik bersama seraya menyatakan bahwa dirinya mewakili 1.900 lebih warga Apartemen Mediterania Marina Residences.

Baca Juga: Sidang Kasus Penggelapan, Rekayasa BAP Tiga Saksi Terbongkar Di Persidangan PN Tangerang

Mendengar itu, seorang warga penghuni Tower A,   Jojo memprotes tingkah Rosmini. Dia menilai Rosmini terlalu banyak bicara, kemudian mempertanyakan legal standing Rosmini yang mengaku mewakili lebih dari 1900 warga.  Rosmini yang tidak siap dengan pertanyaan tersebut malah balik mempertanyakan kewenangan Jojo untuk mempertanyakan hal tersebut dan kemudian Rosmini menghindar.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembakaran Hotel di Lotim, Pengusaha Rugi 10 Miliar

Senin, 6 Februari 2023 | 17:51 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di Sawah

Senin, 6 Februari 2023 | 17:45 WIB
X