• Senin, 26 September 2022

Gali dan Kembangkan Kasus Lama, Penyidik KPK Tetapkan Enam Tersangka

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:23 WIB
penyidik KPK tetapkan enam tersangka terkait kasus lama yang berbeda
penyidik KPK tetapkan enam tersangka terkait kasus lama yang berbeda

SUARAKARYA.ID: Penyidik KPK yang selama ini bekerja keras menggali, mengembangkan dan mendalami sampai tuntas kasus lama dugaan korupsi yang menjerat bekas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah dan Edy Rahmat akhirnya memperoleh hasilnya.

Lima orang lagi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap atau pemberi suap. Di antaranya Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Tenggara (Sultra) Andy Sonny (AS).

Andy ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemeriksaan laporan keuangan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020.

Juga tiga tersangka lainnya yakni pemeriksa pada BPK Sulsel, Yohanes Binur Haryanto Manik (YBHM); Kasubbag Humas dan Tata Usaha BPK Sulsel; Wahid Ikhsan Wahyudin (WIW); serta Staf Humas dan Tata Usaha BPK Sulsel, Gilang Gumilar (GG).

Mereka diklasifikasikan sebagai tersangka penerima suap. Sedangkan satu tersangka pemberi suap yakni, Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat (ER).

“Ini berdasarkan pengumpulan informasi dan data dari berbagai sumber termasuk fakta persidangan perkara Nurdin Abdullah dalam kasus korupsi," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: KPK Periksa 7 Saksi Dalami Kasus Nurdin Abdullah

"KPK melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, maka KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan lima tersangka," tuturnya.

Tersangka Andy Sonny; Yohanes Binur Haryanto Manik; Wahid Ikhsan Wahyudin; serta Gilang Gumilar, diduga telah menerima suap dari Edy Rahmat terkait pemeriksaan laporan keuangan pada Dinas PUTR Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ledakan di Sukoharjo  Seorang Polisi Berlumuran Darah

Senin, 26 September 2022 | 13:19 WIB

Kasus OTT di MA Hakim Agung Sudrajat Dimyati Tersangka

Jumat, 23 September 2022 | 07:27 WIB
X