• Senin, 3 Oktober 2022

Ajukan Praperadilan Demi Kepastian dan Penegakan Hukum Berkeadilan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:46 WIB
advokat Bernard Kaligis usai ajukan permohonan praperadilan
advokat Bernard Kaligis usai ajukan permohonan praperadilan

 

 

SUARAKARYA.ID: Demi penegakan dan kepastian hukum yang  berkeadilan dan berkebenaran telah disediakan fasilitas atau tahapan demi tahapan guna mendapatkannya. Untuk itulah advokat Bernard Kaligis mempraperadilankan Polsek Kembangan, Jakarta Barat,  karena diduga melakukan pengeledahan di rumah Donny, warga Puri Indah Kembangan Selatan  tanpa memiliki izin dari pengadilan setempat.

"Seharusnya penyidik memasuki rumah seseorang setelah mendapatkan izin,  disaksikan  pemilik dan berita acara penyitaannya diserahkan ke penghuni rumah," kata Bernard Kaligis di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Termohon praperadilan Polsek Kembangan maupun penasihat hukumnya yang berusaha dikonfirmasi perihal praperadilan tersebut tidak berhasil.

Baca Juga: Pemasukan Tersangka Pemohon Prapid Ke DPO Dituding Bertentangan Perkap

Selain itu, kata Bernard, praperadilan dilakukan karena kliennya dilaporkan istrinya Mendy Marcella Surjadi atas dugaan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke Polsek Kembangan. KDRT disebutkan dilakukan dengan menggunakan alat pengering rambut.

Padahal, ungkapnya, sesuai  fakta Mendy telah meninggalkan rumah sejak 4 April 2022 dengan membawa asisten rumah tangga. Dengan demikian, sejak itu yang bersangkutan  tidak lagi sebagai penghuni rumah tersebut.

Menurut dia, penyidik diduga telah menyalahi pasal 33 ayat 3, 4 dan 5 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) karena seharusnya penyidik memasuki rumah harus terlebih dahulu diketahui pemiliknya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua DPR Minta Peristiwa Kanjuruhan Diselidiki

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:51 WIB

Kapolri : 3 Kapolda Tidak Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 18:18 WIB
X