• Senin, 3 Oktober 2022

IPW: Penempatan Irjen Ferdy Sambo di Brimob Karena Sambo Diduga Melakukan Pelanggaran Etik Berat

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:36 WIB
Irjen Ferdy Sambo  (Dokumentasi )
Irjen Ferdy Sambo (Dokumentasi )

SUARAKARYA.ID : Penempatan Irjen Pol Ferdy Sambo di ruang khusus Brimob mendapat berbagai tanggapan. Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan penempatan Ferdi Sambo  (FS) untuk melancarkan proses pemeriksaan Irsus maupun Timsus.

Pemeriksaan saat ini, kata Ketua Presidium IPW Sugeng Teguh Santoso, diketahui adalah terkait dengan pelanggaran kode etik berat yaitu merusak TKP dan menghilangkan barang bukti,pistol, proyektil,dan lain lain.

Baca Juga: Pemeriksaan 25 Perwira, IPW: Bersih-bersih Kapolri Terhadap Tangan Tangan Kotor Yang Coreng Institusi

Untuk pelanggaran kode etik FS dapat dipecat . Dalam pelanggaean kode etik tsb jiga termasuk perbuatan pidana, yaitu melanggara pasal 221 kuph jo pasal 233 kuhp dfn ancaman 4 tahun .

"Bahwa bila terdapat juga perbuatan menyuruh mengambil cctv yg bukan miliknya maka dapat juga dikenakan pasal 362 kuhp jo. Pasal 56. Ancamannya 5 tahun. Sehingga bisa ditahan untuk kepentingan menunggu pemeriksaan perkara pokok matinya Brigpol Y yang diusut dengan pasal pasal 338 kuhp jo 55 dan 56 kuhp," demikian tegas Sugeng.

Tegas dan Serius 

Sementara itu Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan, penempatan khusus mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdi Sambo di Mako Brimob merupakan bentuk tindakan tegas atas dugaan keterlibatannya dalam penembakan Brigadir J.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Dibawa di Ruang Khusus Brimob, Ini Penjelasan Kadiv Humas Polri

"Tindakan tegas ini akan membuat masyarakat semakin percaya bahwa Polri sangat serius, transparan, dan terbuka dalam penanganan kasus ini," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 7 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua DPR Minta Peristiwa Kanjuruhan Diselidiki

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:51 WIB

Kapolri : 3 Kapolda Tidak Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Jumat, 30 September 2022 | 18:18 WIB
X