• Selasa, 9 Agustus 2022

Guru Bernama Fakarich Susul Murid Indra Kenz Duduk di Kursi Terdakwa PN Medan

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:39 WIB
guru dan murid yang akhirnya sama-sama terjerat hukum
guru dan murid yang akhirnya sama-sama terjerat hukum

 

SUARAKARYA.ID: Setelah “murid” Indra Kesuma alias Indra Kenz menapak menuju kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, menyusul “guru” Fajar Suhartami Pratama alias Fakarich bakal duduk pula di kursi terdakwa PN Medan.

 Hal itu terjadi setelah berkas kasus Fakarich  dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Agung yang langsung disusul pelimpahan tanggungjawab tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan oleh penyidik Bareskrim Polri. Dengan demikian, murid dan guru itu bakal dihadapkan ke depan meja hijau oleh JPU terkait kasus dugaan penipuan investasi bodong melalui aplikasi Binomo.

“Kejaksaan Negeri Medan menerima penyerahan tanggung jawab tersangka dan barang bukti (tahap II) kasus dugaan penipuan investasi bodong melalui aplikasi Binomo dengan tersangka Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich,” kata Kapuspenkum, Dr Ketut Sumedana, Sabtu (6/8/2022).

Fakarich juga dikenal sebagai guru dari Indra Kesuma alias Indra Kenz dalam urusan investasi. Terkait perbuatannya di Binomo, Fakarich dipersalahkan melanggar Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 27 ayat (2) dan atau Pasal 45a ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1)  UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 3 jo Pasal 5, Pasal 10 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang atau Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 KUHPidana. 

Baca Juga: Polisi Akan Periksa Afiliator Diduga Terlibat Pada Kasus Binomo

Ketut Sumedana menyebutkan Fakarich mendapat tawaran untuk membuat video promosi Binomo dengan bayaran sejumlah Rp20 juta hingga Rp30 juta. Dia kemudian bergabung menjadi afiliator Binomo dan menautkan link afiliator Binomo tersebut ke dalam web fakartrading.com miliknya, sehingga orang yang mengakses atau mengikuti kelas/kursus trading yang diadakannya dapat dengan mudah untuk mengakses permainan Binomo tersebut.

Fakarich juga membuat konten video dan audio yang diunggah di media sosial YouTube, Instagram dan grup telegram Fakar Trading Binomo miliknya.

Sebelum menjadi tersangka, Fakarich diduga merupakan guru Binomo untuk Indra Kenz. Dia juga diduga yang telah mengajarkan Indra Kenz dalam memindahkan uang dari rekening satu ke rekening lain agar tak terlacak.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Irjen Pol Ferdy Sambo Dijemput Provost Mabes Polri

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:59 WIB
X