• Sabtu, 20 Agustus 2022

Roy Suryo Akhirnya Ditahan, Bagaimana dengan Pembuat Meme Stupa Jokowi?

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:07 WIB
Roy Suryo (Ist)
Roy Suryo (Ist)

SUARAKARYA: Setelah beberapa kali diperiksa, akhirnya Mantan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Roy Suryo ditahan atas kasus meme stupa Candi Borobudur berkepala Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski Roy Suryo sudah ditahan, namun rasanya tidak adil jika pembuat dan penyebar pertama meme stupa kepala Presiden Jokowi tidak ditahan juga. Masyarakat pun bertanya bagaimana dengan pembuat meme-nya?

Roy Suryo sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus tersebut sejak 22 Juli 2022 lalu.

Baca Juga: Di Tengah Penanganan Kasus Tewasnya Brigadir J, Kapolri Mutasi 15 Perwira

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Minta Maaf pada Institusi Polri

“Mulai malam hari ini terhadap saudara Roy Suryo Notodiprojo laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian ini mulai malam ini dilakukan penahanan,” tegas Kabid humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022).

Menurut Zulpan, Roy Suryo akan mendekam di tahanan selama 20 hari ke depan. Penahanan ini dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan lain sebagainya. Hal itu tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP. Kemudi penyidik melakukan penyitaan sejumlah barang bukti atas kasus tersebut.

“Kemudian beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini terkait tindak pidana ini di antaranya adalah akun Twitter saudara Roy Suryo, handphone saudara Roy Suryo, dan handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan,” jelas Zulpan.

Dalam perkara ini, Roy Suryo sudah tiga kali diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya. Pada Jumat (23/7) lalu Roy Suryo menjalani pemeriksaan sebagai tersangka untuk pertama kalinya. Ketika itu dia diperiksa kurang lebih 12 jam dan keluar menggunakan kursi roda akibat kelelahan. Pemeriksaan ke dua digelar pada Kamis (28/7). Setelah diperiksa sekitar 9 jam, dia langsung masuk ke mobil miliknya dengan kondisi menggunakan penyangga leher.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahar bin Smith: Keadilan Masih Ada di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:42 WIB
X