• Rabu, 28 September 2022

Prosesi Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J Dipimpin Dokter dari TNI AD

- Rabu, 27 Juli 2022 | 13:44 WIB
Otopsi ulang jenazah Brigadir J dimulai  (Istimewa )
Otopsi ulang jenazah Brigadir J dimulai (Istimewa )

SUARAKARYA.ID : Proses otopsi ulang jenazah Brigadir J dipimpin langsung dokter forensik dari TNI AD dan sejumlah dokter forensik dari pihak eksternal, dilaksanakan  di RSUD Sungai Bahar, Muoro Jumbo, Jambi.

“Proses autopsi ulang ini dilakukan oleh tim eksper dari Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia, yang sudah melakukan asesmen terhadap dokter-dokter yang ikut melaksanakan autopsi ulang dari berbagai rumah sakit dan universitas,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di RSUD Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Kasus Brigadir J, IPW: Tantangan Jaga Marwah Institusi dan Selamatkan Polri dari Hujatan Masyarakat

“Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dari Bapak Kapolri sesuai dengan arahan Bapak Presiden agar kasus ini dibuka secara terang benderang,” jelasnya.

Lanjut Dedi menyebutkan, tim dokter forensik melaksanakan autopsi ulang secara independen dan parsial sehingga tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun.

Baca Juga: ProDEM Minta Dituntaskan Kasus Brigadir J Agar Tak Semakin Buruk Image Terhadap Polri

“Artinya bahwa hasil autopsi ulang yang dilaksanakan hari ini memiliki dua konsekuensi, konsekuensi pertama dari sisi keilmuan harus betul-betul sahih dan bisa dipertanggungjawabkan,” paparnya.

“Konsekuensi yang kedua, karena ini dalam rangka keadilan dilaksanakan oleh pihak yang berwenang dan oleh kedokteran forensik ini harus memiliki konsep yuridis,” pungkasnya.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi  Minta  Lukas Enembe  Hormati Hukum

Selasa, 27 September 2022 | 18:38 WIB

Ledakan di Sukoharjo  Seorang Polisi Berlumuran Darah

Senin, 26 September 2022 | 13:19 WIB
X