• Selasa, 6 Desember 2022

Keluarga dan Pengacara Berharap Otopsi Ulang Buka Tabir Misteri Tewasnya Brigadir J

- Minggu, 24 Juli 2022 | 18:55 WIB

advokat Kamarudin Simanjuntak

 

 

SUARAKARYA.ID: Penasihat hukum keluarga Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak, berharap hasil otopsi ulang dapat menjadi pembuka tabir atau misteri kematian Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Ferdy Sambo yang masih simpang-siur hingga kini menjadi jelas dan terang benderang. Otopsi ulang yang direncanakan dilaksanakan pada Rabu (27/7/2022) itu diharapkan pula dapat menyelaraskan temuan baru dengan hasil otopsi pertama.

“Karena itu, kami benar-benar berharap yang terjun tim forensik handal, propesional dan independen yang juga berkeinginan kasus ini tidak terus menerus simpang-siur,” kata Kamarudin Simanjuntak melalui telepon genggamnya, Minggu (24/7/2022).

Menurut Kamarudin Simanjuntak yang lebih banyak memberikan advokasi di Jakarta, informasi tentang kematian Brigadir J sampai saat ini dinilai belum logis bahkan tak bisa diterima akal sehat. Atas dasar itulah pihaknya mengusulkan otopsi ulang yang ternyata disetujui Kepolisian.  

Ahli forensik Budi Suhendar mengatakan, proses otopsi ulang tidak memutuskan hasil yang didapat pada otopsi pertama. “Oleh karena pada otopsi ulang pun alur beripikirnya dokter forensik tentu untuk kepentingan penegakan hukum,” kata Budi. Alasannya, karena hal-hal yang telah dilakukan pada otopsi pertama akan diperiksa kembali pada otopsi kedua dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Tentu untuk menerangkan suatu peristiwa yang terjadi pada tubuh itu.

Proses otopsi ulang tidak disebutkan batas maksimal berapa kali pada tubuh jenazah bisa dilakukan karena tujuannya memang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. "Tentu akan dilakukan sesuai akan dilakukan sesuai kaidah-kaidah ilmu kedokteran forensik yang berlaku dan sesuai SOP yang ada," tuturnya.

Baca Juga: ProDEM Minta Dituntaskan Kasus Brigadir J Agar Tak Semakin Buruk Image Terhadap Polri

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Artikel Terkait

Terkini

X