• Jumat, 9 Desember 2022

Ketua DPD RI Minta Tak Ada Lagi Kekerasan Terhadap Warga Wadas

- Rabu, 13 Juli 2022 | 19:40 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta agar tak terjadi lagi kekerasan yang menimpa warga Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

LaNyalla berharap dilakukan pendekatan humanis yang saling menguntungkan, terutama kepada warga. 

"Hindarkan kekerasan. Tak boleh lagi ada tindakan represif kepada warga Wadas dalam pelaksanaan inventarisasi dan identifikasi tanah Wadas tahap dua," kata LaNyalla, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga: Wakil Ketua DPD Mahyudin Minta Pemerintah Manfaatkan Posisi Sebagai Presidensi G20, Untuk Pulihkan Pariwisata

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, warga Wadas sangat defensif terhadap petugas karena trauma pengalaman sebelumnya. Oleh karenanya, LaNyalla meminta agar pendekatan tak boleh dilakukan dengan kekerasan, meski negosiasi menemui titik buntu.

"Meski terjadi ketidaksepakatan dan penolakan warga, tetap harus diupayakan jalan keluar terbaik, tak boleh ada pemaksaan," ujar LaNyalla.

Menolak, dikatakan LaNyalla, merupakan hak masyarakat yang memiliki lahan. Ketika pemerintah memerlukan lahan untuk kepentingan PSN, maka pemerintah harus bijaksana dalam mengambil tindakan dan bersikap adil.

Baca Juga: Sultan B Najamudin: Demokrasi Tidak Boleh Dikooptasi MK Dan Parpol

"Apalagi warga Wadas terbelah, ada sebagian yang telah menerima ganti rugi dan ada sebagian warga yang menolak. Di sinilah diperlukan kebijaksanaan dan kedewasaan para eksekutor agar terdapat win win solution dan tetap mengedepankan permufakatan," saran LaNyalla.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delik Perzinahan di KUHP Baru Dituding Tidak Jelas

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:37 WIB
X