• Kamis, 8 Desember 2022

Akhir Pengepungan Anak Kiai Jombang, Seret 5 Pendukungnya Jadi Tersangka

- Jumat, 8 Juli 2022 | 18:24 WIB
Tersangka MSAT (tengah) saat diamankan
Tersangka MSAT (tengah) saat diamankan

SUARAKARYA.ID: Akhir pengepungan anak kiai Jombang berinisial MSAT (42) yang sempat bersembunyi di lingkungan Ponpes Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah, Losari, Ploso, Jombang, milik ayahnya saat hendak diringkus polisi, berbuntut panjang.

Dari ratusan simpatisan yang menghalangi proses penangkapan anak kiai Jombang berinisal MSAT (42) itu, 5 diantaranya ditetapkan sebagai tersangka. Salah satunya pelaku penyiraman air panas ke tubuh petugas.

Menurut Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Giadi Nugraha, total ada 323 simpatisan MSAT yang diamankan karena berupaya menghalangi penangkapan anak kiai Jombang itu sebelum menyerahkan diri "Lima yang ditetapkan sebagai tersangka, kami tahan mulai hari ini," ujarnya, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Anak Kiai Jombang Pelaku Pencabulan Dijebloskan Ke Rutan Medaeng

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari 323 orang tersebut ternyata hanya sekitar 68 yang memiliki KTP Jombang. Sisanya ber-KTP luar Jombang dan bahkan ada yang dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera hingga Kalimantan.

Sedangkan 5 orang yang ditetapkan sebagai tersangka,diantaranay adalah pelaku yang menyiramkan air panas untuk menghadang gerakan polisi. Ada juga yang sengaja menabrakkan mobilnya ke polisi.

Kelima orang pendukung MSAT ini akan dijerat dengan Pasal 19 UU No 12 tahun 2022, tentang tindak pidana asusila. Khususnya dengan perbuatan mencegah dan menghalangi proses penyidik.

Baca Juga: Anak Kiai Jombang Tersangka Kasus Pencabulan Santriwati Akhirnya Menyerahkan Diri

Hingga kini polisi masih terus melakukan pengembangan dan pemeriksaan kepada ratusan simpatisan yang lain. Setelah dilakukan pengkajian, polsi akan melakukan pemulangan secara bertahap para simpatisan yang berstatus sebagai saksi tersebut.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Delik Perzinahan di KUHP Baru Dituding Tidak Jelas

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:37 WIB
X