• Sabtu, 20 Agustus 2022

Refleksi Hari Bhayangkara, Ketua IPW: Budaya Menyimpang Anggota Harus Dibabat Habis

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:30 WIB
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso  (Dokumentasi )
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso (Dokumentasi )

SUARAKARYA.ID : Hari Bhayangkara ke 76 tahun, 1 Juli 2022 ini, Polri harus terus membersihkan budaya menyimpang dari anggotanya yang mengkhianati kode etik. Mulai dari elit Polri pangkat jenderal hingga bawahan yang pangkat terendah tamtama.

"Siapa pun pimpinannya, Polri tak boleh kendor untuk menjaga marwah institusi Polri yang memiliki semboyan Rastra Sewakottama. Sebab, arti semboyan Polri itu adalah abdi utama dari pada Nusa dan Bangsa. Dengan demikian, Polri bukanlah penguasa, melainkan abdi negara yang mempunyai tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso dalam siaran persnya, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: HUT Ke-76 Bhayangkara, Kapolda Metro Jaya Hadiri Giat Baksos Religi bhayn Salurkan Bansos

Sugeng menegaskan pimpinan tertinggi Polri harus mampu menjalankan organisasinya sesuai dengan tujuan reformasi Polri, menjadikan anggota Polri untuk berbuat baik, berkarya secara profesional dan berprestasi mengawal tupoksinya. Harapannya, Polri dapat dicintai masyarakat sesuai cita-citanya.

Setiap anggota Polri harus menjadi teladan bagi masyarakat. Prilakunya merupakan representasi institusi. Sehingga, setiap pelanggaran yang dilakukan oleh insan Bhayangkara merupakan pengkhianatan terhadap sumpah dan janji, juga mengkhianati institusi Polri.

Baca Juga: Lomba Menembak Hari Bhayangkara 2022, Dari Pemimpin Redaksi Hingga Jenderal Ikut Menyemarakkan

Membabat Budaya Menyimpang

Pimpinan Polri saat ini, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sangat serius membenahi institusi Polri melalui Program Polri Presisi untuk melanjutkan estafet reformasi Polri. Janjinya, membawa Polri ke depan menjadi Polri yang adil, Polri yang jujur, Polri yang siap untuk dikritik dan Polri yang transparan.

Oleh karena itu, perbaikan dan penguatan kinerja Polri terus dilakukan untuk meningkatkan citra Polri melalui aparatnya yang profesional, proporsional dan humanis. Pelayanan masyarakat dan pengaduan masyarakat menjadi tonggak untuk meningkatkan kinerja Polri.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahar bin Smith: Keadilan Masih Ada di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:42 WIB
X