• Rabu, 28 September 2022

Ikadin Dorong Amandemen Undang-Undang Advokad Pertegas Sistem Multi Bar Association

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:44 WIB
Ketua Umum Ikadin Maqdir Ismail (dua dari kanan) dorong Amandemen Undang-Undang Advokad pertegas multi bar association. (G. Windarto)
Ketua Umum Ikadin Maqdir Ismail (dua dari kanan) dorong Amandemen Undang-Undang Advokad pertegas multi bar association. (G. Windarto)

SUARAKARYA.ID: Dinamika organisasi advokat di Tanah Air, yang salah satunya terkait organisasi profesi yang tak lagi tunggal atau multi bar association, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) mendesak Pemerintah dan DPR RI melakukan Amandemen Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokad.

"Dinamika organisasi advokat dengan bermunculannya banyak organisasi advokat itu sebuah keniscayaan, sebagaimana amanat konstitusi Pasal 28 UUD 1945 yang memberikan jaminan hak kebebasan berserikat & berkumpul bagi setiap warga negara," ujar DR Maqdir Ismail SH LLM, Ketua Umum Ikadin periode 2022-2027, dalam sambutan pengukuhan & pelantikannya sebagai Ketua Umum Ikadin periode 2022-2027 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Maqdir Ismail menjelaskan, amandemen itu sejalan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 101/PPU-VII/2009 terhadap Uji Materi Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Advokad. Kemudian ditegaskan surat Mahkamah Agung nomor 73/KMA/HK.01/IX/2015, yang menginstruksikan Pengadilan Tinggi untuk mengambil sumpah calon advokat yang memenuhi syarat; baik ajuan Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) maupun non-Peradi hingga terbentuknya Undang-Undang Advokad yang baru.

Baca Juga: Indonesia Incar Perluasan Pasar Ekspor CPO Dan Minyak Goreng Ke Pakistan

"Secara otomatis telah terjadi transformasi advokat, dari sistem single bar (wadah tunggal) menjadi multi bar association, dan Ikadin," ujarnya didampingi Sekjen Rasyid Ridho SH MH.

Sementara itu Pengukuhan kepengurusan DPP Ikadin periode 2022-2027 dinakhodai Ketua Umum Maqdir Ismail diwarnai tayangan video ucapan selamat dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia Prof Todung Mulya Lubis, yang juga pendahulu yang digantikannya.

"Kami yakin Pak Maqdir Ismail mampu menjaga marwah Ikadin sebagai organisasi advokat pejuang. Untuk itu saya ucapkan selamat," ujarnya setelah menyampaikan dinamika Ikadin, sebagai satu dari delapan organisasi advokat sebagai bagian pembentuk Undang-Undang Advokad.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kediri Sosialisasikan Permenaker No 4 Tahun 2022

Pelantikan disimbolisasi dengan penyerahan bendera pataka berlambang Ikadin dipimpin ketua Dewan Kehormatan DPP Ikadin, DR HM Busyro Muqoddas SH MHum.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi  Minta  Lukas Enembe  Hormati Hukum

Selasa, 27 September 2022 | 18:38 WIB

Ledakan di Sukoharjo  Seorang Polisi Berlumuran Darah

Senin, 26 September 2022 | 13:19 WIB
X