• Kamis, 11 Agustus 2022

Pimpinan Bantah Abdul Qadir Baraja Ada Kaitannya Dengan Ponpes Ngruki

- Rabu, 8 Juni 2022 | 18:10 WIB
Pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo saat menggelar konferensi pers di Ponpes setempat (Endang Kusumastuti)
Pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo saat menggelar konferensi pers di Ponpes setempat (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.IDPolda Metro Jaya telah menangkap pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja di Lampung. Penangkapan dilakukan bersama Bareskrim Polri, Densus 88 dan Polda Lampung. Dalam pemberitaan di berbagai media,  Abdul Qadir Hasan Baraja disebut-sebut salah satu pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki, bersama Abu Bakar Ba'asyir (ABB).

Atas pemberitaan tersebut, Pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki membantahnya. Pihak Ponpes menegaskan jika Abdul Qadir Hasan Baraja tidak ada kaitannya dengan keberadaan Ponpes yang berada di Kabupaten Sukoharjo itu.

"Salah satu Pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bernama Abdullah Baraja, Bukan Abdul Qadir Hasan Baraja. Dari namanya saja sudah berbeda," jelas Direktur Utama Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Ustadz Yahya, dalam konferensi pers di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin Ditangkap, Tersangka Dalam Perjalanan Ke Polda Metro Jaya

Selain itu, Ustadz, Abdullah Baraja juga sudah meninggal dunia pada tahun 2007. Ustadz Yahya menegaskan pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki, Abdullah Baraja tidak terkait dengan  NII maupun dengan organisasi Khilafatul Muslimin.

"Ustadz Abdullah Baraja, orangnya konsentrasi hanya dalam yayasan. Beliau juga seorang pengusaha. Saya yakin tidak ada keterlibatan dalam Khilafatul Muslimin, namanya saja beda hanya marganya sama," jelasnya lagi.

Yahya memaparkan jika pendiri Ponpes Al Mukmin, Abdullah Baraja adalah pengusaha batik asli Solo.  Setelah meninggal pada tahun 2007, sejumlah aset miliknya diwakafkan ke Ponpes Al Mukmin Ngruki

Baca Juga: Polri Paparkan Kronologi Penangkapan Pimpinan Khilafatul Muslimin

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Agar Patuhi Keputusan Mahkamah Agung

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:11 WIB
X