• Selasa, 28 Juni 2022

Periode Januari-Mei 2022, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Amankan 2,4 Juta Rokok Ilegal

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:03 WIB
Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY saat ekspose BKC ilegal dengan modus pengiriman melalui jasa titipan (Endang Kusumastuti)
Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY saat ekspose BKC ilegal dengan modus pengiriman melalui jasa titipan (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID:  Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jateng-DIY berhasil mengamankan  Barang Kena Cukai (BKC) ilegal berupa 2,4 juta batang rokok ilegal dan 475,22 liter Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal, selama periode 1 Januari hingga 22 Mei 2022.

BKC ilegal yang diamankan tersebut hasil dari penindakan yang dilakukan di wilayah lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dengan modus pengiriman melalui perusahaan jasa titipan.

"Total nilai barang yang diamankan sebesar Rp2,81 miliar dan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp1,86 miliar. Penindakan tersebut merupakan gabungan dari satuan kerja di wilayah Bea Cukai Jateng DIY," jelas Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Muhamad Purwantoro, saat ekspose barang hasil penindakan di Kantor Bea Cukai Surakarta Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Prof Bambang Bantah Jalin Asmara Dengan Alm Vanessa Angel

Yakni meliputi Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Kantor Bea Cukai Kudus, Bea Cukai Semarang, Bea Cukai Surakarta, Bea Cukai Yogyakarta, Bea Cukai Cilacap, Bea Cukai Magelang, Bea Cukai Purwokerto, dan Bea Cukai Tegal.

Untuk di wilayah Kantor Bea Cukai Surakarta, barang ilegal yang berhasil diamankan sebanyak 4.200 batang rokok ilegal dan 88,90 liter MMEA ilegal.

"Jika produksi BKC ilegal tidak ditangani dengan serius maka selain mengancam penerimaan negara juga mendistorsi kebijakan pemerintah dalam pengendalian konsumsi BKC," jelasnya lagi.

Baca Juga: Jelang KTT G20, KemenPUPR Renovasi TMII

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKB Kembali Tembak Warga Sipil Di Papua

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:08 WIB
X