• Rabu, 29 Juni 2022

Penyidik Kejaksaan Agung Genjot Pengusutan Kasus Dugaan Korupsi KITE

- Kamis, 19 Mei 2022 | 03:55 WIB

SUARAKARYA.ID: Sejumlah kasus dugaan korupsi kelas kakap tengah digenjot pendalaman, pengembangan atau pengusutannya saat ini oleh penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung. Untuk sebagian kasus sudah ada ditetapkan tersangka. Karenanya, penanganan yang dilakukan saat ini ada yang untuk melengkapi pemberkasan guna dapat disidangkan kasusnya di Pengadilan Tipikor sekaligus mencari tersangka baru.

Ada pula kasus yang terus menerus diintensifkan penanganannya oleh penyidik Pidsus Jampidsus Kejaksaan Agung guna membidik tersangkanya. Namun, baik yang sudah ada tersangka atau masih mencarin, dalam penanganannya penyidik membutuhkan keterangan dari saksi-saksi yang biasanya pada akhirnya diantaranya menjadi tersangka.

Untuk kasus dugaan korupsi penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) pada Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Emas Tahun 2015–2021, tim penyidik  Kejaksaan Agung  memeriksa lima orang auditor dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Selasa (17/5/2022). Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, di Jakarta, Selasa (17/5/2022), kelima auditor tersebut diperiksa sebagai saksi.

Ketut merinci kelima auditor, di antaranya TS dan FKT diperiksa karena pernah menjadi auditor PT Hyupseung Garment Indonesia (PT HGI) tahun 2017. Kemudian, FI pernah menjadi Pengawas Mutu Audit PT HGI tahun 2017. Berikutnya, TJY diperiksa karena pernah menjadi Pengendali Teknis Audit PT HGI tahun 2017 dan S diperiksa karena pernah menjadi Ketua Auditor PT HGI tahun 2017.

Di samping kelima auditor, kata Ketut, penyidik juga memeriksa satu orang saksi lainnya, yakni WEP, Staf Pegawai KPPBC TMP A Semarang Tahun 2017. Dia diperiksa terkait dengan pencairan jaminan custom bond PT HGI sejak tahun 2015–2017 untuk membuktikan jumlah kerugian keuangan negara.

“Pemeriksaan para saksi itu dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan fasilitas KITE pada Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Emas Tahun 2015–2021,” tutur Ketut.***

 

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKB Kembali Tembak Warga Sipil Di Papua

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:08 WIB
X