• Selasa, 28 Juni 2022

JPN Bakal Siap Tawarkan Solusi Permasalahan Hukum Kepada Masyarakat

- Kamis, 12 Mei 2022 | 05:07 WIB

SUARAKARYA.ID: Masih banyak sekali warga atau anak bangsa kita ini yang awam hukum. Akibatnya kerap diperdaya oleh orang-orang yang paham hukum namun menyalahgunakan kepandaiannya. Hal itu terjadi pada banyak sisi atau kesempatan dalam kehidupan.

Melihat itu dan juga mengantisipasi dibodoh-bodohi si awam hukum oleh si paham hukum, maka Kejaksaan Agung menggiatkan  penyuluhan-penyuluhan hukum ke seantero Nusantara melalui Jaksa Pengacara Negara (JPN).

"Halo JPN adalah solusi hukum terlengkap dimana dalam website tersebut masyarakat dapat melakukan tanya jawab permasalahan hukum secara profesional namun gratis," kata Kapuspenkum Kejagung Dr Ketut Sumedana di Jakarta, Rabu (11/5/2022)

Halo JPN diluncurkan Mei untuk memberikan konsultasi hukum di bidang pertanahan, hukum waris, legal drafting, dan hukum pernikahan. Menurut Ketut Sumedana, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Feri Wibisono menyiapkan pedoman bagi para JPN yang melayani masyarakat melalui Halo JPN. Bahkan melalui Halo JPN, masyarakat dapat pula menghubungi Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengapresiasi Jamdatun yang semakin intens menggelar in house training bagi para JPN, dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman bidang perdata dan tata usaha negara.

Burhanuddin meminta materi in house training yang diajarkan kepada para JPN tersebut diperkaya dengan pelaksanaan tugas dan fungsi JPN yang belum pernah diajarkan, seperti bagaimana memiliki keterampilan dalam melakukan penagihan, sebagai salah satu kegiatan rutin JPN di daerah.

Terakhir, untuk bidang perdata dan tata usaha negara, Burhanuddin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran tersebut yang telah mampu melaksanakan pengembalian, pemulihan, dan penyelamatan keuangan negara dengan baik melalui pendampingan-pendampingan  profesional yang akhirnya menguntungkan kepada negara. ***

 

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKB Kembali Tembak Warga Sipil Di Papua

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:08 WIB
X