Kejaksaan Agung Tingkatkan Ke Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi Impor Baja

- Rabu, 23 Maret 2022 | 01:29 WIB

 

SUARAKARYA.ID: Kejaksaan Agung telah meningkatkan tahapan penanganan dugaan kasus  impor baja dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan. Namun siapa-siapa saja tersangka dalam kasus tersebut belum ditetapkan/diumumkan.

Penyidik-penyidik pidana khusus Kejaksaan Agung saat ini tengah berjuang keras menghimpun alat bukti kasus tersebut. Termasuk dengan menggeledah sejumlah tempat mencari dokumen atau alat bukti yang menguatkan adanya indikasi kasus tersebut.

"Senin (21/3/2022) kami melakukan penggeledahan di empat tempat," ungkap Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung, Dr Supardi SH MH, Selasa (22/3/2022).

Selain melakukan penggeledahan, untuk membuat terang dan jelas kasus impor baja tersebut para penyidik melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi.

Dua dari tiga saksi yang diperiksa, Senin (21/3/2022), masing-masing pejabat di Kementerian Perdagangan yaitu MS selaku Direktur Impor pada Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan. Berikutnya MA selaku Analyst Perdagangan Ahli Madya pada Direktorat Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan. Sedangkan satu lagi yaitu AR selaku Kasi Barang Aneka Industri.

“Ketiga saksi sama-sama diperiksa terkait dugaan korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 hingga 2021,” ungkap Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana.

Dia menyebutkan pemeriksaan terhadap para saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan kasus dugaan korupsi impor besi atau baja tersebut. “Pemeriksaan para saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M,” tuturnya.

Selanjutnya masih akan dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi lainnya sampai terang dan jelas duduk perkara kasus dugaan korupsi yang ditangani tersebut. “Pemeriksaan dilakukan sesuai kebutuhan dalam penanganan kasus itu sendiri,” kata Ketut Sumedana.***

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

Advokat Adukan Majelis Hakim PTUN Serang ke MA dan KY

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:51 WIB
X