• Minggu, 5 Februari 2023

Petugas KPLP Penjaga Laut dan Pantai Dibekali Kemampuan Boarding Officer

- Rabu, 25 Januari 2023 | 13:20 WIB
kemampuan KPLP ditingkatkan demi keselamatan dan kelancaran pelayaran
kemampuan KPLP ditingkatkan demi keselamatan dan kelancaran pelayaran

 

SUARAKARYA.ID: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut  (Hubla) melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) meningkatkan performa kemampuan pertahanan diri awak kapal negara untuk melayani kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang responsif.

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan “Peningkatan Keterampilan Boarding Officer KPLP”  di  Manado dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Bitung, Sulawesi Utara 24 - 28 Januari 2023.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt Mugen S Sartoto mengatakan pelaksanaan kegiatan Boarding Officer pada kesempatan ini mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Personil Boarding Officer Melalui Mitigasi Resiko, mewujudkan KPLP Yang Responsif Dalam Mendukung Keselamatan dan Keamanan Pelayaran”.

Baca Juga: Demi Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenhub Luncurkan Aplikasi SIM KPLP

"Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, profesional dan menguasai aturan-aturan yang belaku dalam dunia maritim," ujarnya.

Selain itu, personil juga harus dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya adalah keterampilan Boarding Officer.

Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok untuk awak kapal negara. Mempelajari tentang bagaimana teknik-teknik untuk menghindari serangan dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi darurat dan terdesak.

Oleh karenanya, Capt Mugen menegaskan bahwa pemerintah melalui Ditjen Hubla, Kemenhub, memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pelatihan keterampilan Boarding Officer yang bertujuan untuk membentuk SDM awak kapal negara patroli KPLP yang selalu siap siaga, terampil dan cekatan dalam menghadapi situasi ancaman-ancaman kejahatan, yang kerap terjadi di laut, pantai maupun di pelabuhan.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB

Optimisme Tinggi BRI Raih Prestasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:09 WIB

IHLC Gelar Bussiness Meeting Indonesia-Uzbekistan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 02:33 WIB
X