• Minggu, 5 Februari 2023

XL Axiata Perluas Jaringan 4G di Wilayah Kalimantan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:23 WIB
Petugas XL Axiata saat melakukan  memantau BTS di Kalimantan
Petugas XL Axiata saat melakukan memantau BTS di Kalimantan

 

SUARAKARYA.ID: XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jaringan data di 5 provinsi di wilayah Kalimantan. Upaya itu dilakukan untuk mengimbangi trafik XL Axiata di seluruh Kalimantan yang meningkat hingga 29 persen.

Menurut Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan, Horas Lubis, selain aspek bisnis, visi memperluas jaringan data itu dilakukan untuk adalah mendukung percepatan pembangunan. "Kami ingin ikut berkontribusi memajukan wilayah Kalimantan, termasuk persiapan pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah Ibukota Negara (IKN)," ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Pihaknya menyediakan sambungan internet cepat, yang memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan.

Baca Juga: Lirik Lagu Bohongi Hati by Mahalini 'Aku Tersiksa Melihat Semuanya Berubah' yang Sedang Viral

Langkah strategis ini dilakukan terkait permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat. Selama setahun terakhir, XL Axiata telah menambah jumlah BTS 4G sebanyak lebih dari 1.100 BTS atau meningkat sebesar 42 persen YoY di seluruh Kalimantan.

Sejumlah teknologi terbaru untuk mendukung perluasan dan penguatan jaringan ini diantaranya implementasi teknologi automated optimization untuk VoLTE, pemanfaatan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan dengan menggunakan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), teknologi Open RAN (Radio Access Network) dengan konsep open interface.

Lalu, ada juga implementasi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G yang memungkinkan penggunaan bersama jaringan 4G dan 5G pada satu spektrum frekuensi. Tidak ketinggalan, XL Axiata juga telah memanfaatkan teknologi FDD Smart 8T8R untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan serta mengurangi konsumsi daya pada BTS.

Baca Juga: Lirik Lagu Aiya Cik Siti ‘Marilah Mei Mei Oi Mari Sayang’ yang Sedang Viral

Melalui perluasan tersebut, jaringan data berkualitas XL Axiata kini telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75% populasi Kalimantan. Jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan ini didukung oleh total lebih dari 9.800 BTS termasuk lebih dari 5.800 BTS 4G LTE.***

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB

Optimisme Tinggi BRI Raih Prestasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:09 WIB

IHLC Gelar Bussiness Meeting Indonesia-Uzbekistan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 02:33 WIB
X