• Minggu, 5 Februari 2023

Erupsi Gunung Semeru, Bank Jatim Bantu Kebutuhan Makanan Para Pengungsi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 19:40 WIB
Jajaran Bank Jatim saat membagikan makanan untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru
Jajaran Bank Jatim saat membagikan makanan untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru

SUARAKARYA.ID: Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2022 memaksa warag sekitar mengungsi. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) merespon cepat kondisi akibat bencana ini dengan menyalurkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengungsi dan relawan.

Bantuan untuk para korban erupsi Gunung Semeru itu diserahkan langsung oleh Hanif Julhansyah selaku Pemimpin Bank Jatim Cabang Lumajang) di posko darurat Lapangan Candipuro, Rabu (7/12/2022). “Kami akan support makanan berupa nasi kotak selama beberapa hari kedepan untuk para pengungsi dan relawan, ini menyesuaikan dengan kebutuhan selama masa tanggap darurat,' ujarnya.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2022 lalu itu menyebabkan guguran lava dan awan panas yang melanda sejumlah daerah di sekitarnya. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas disekitar Gunung Semeru.

Baca Juga: Lirik Lagu Kini Ecko Pergi Meninggalkanku ‘Abang Jahat Aku Tu Cinta Berat’ yang Lagi Banyak Diburu

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik pasca erupsi. Melihat kondisi ini, Bank Jatim merespon cepat dengan menyalurkan bantuan.

Menurut Hanif, pihaknya sudah melakukan langkah tanggap untuk merespon bencana erupsi Gunung Semeru sejak hari pertama (4 Desember 2022) dengan melakukan pemasangan beberapa tenda darurat di sejumlah titik posko darurat. “Begitu kami dapat informasi adanya erupsi, kami langsung bergerak dengan menyediakan tenda untuk posko darurat," ujarnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang terkait kebutuhan para pengungsi selama masa tanggap darurat. Bank Jatim menyatakan siap untuk menyediakan kebutuhan makanan bagi para pengungsi dan relawan sampai kondisi sudah membaik.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X